Ada Sandal Jepit Senilai Rp 10.000.000


Sandal-Jepit-Havaianas-Dijual-Rp-10-jutaTEMPO.CO, Italia – Jika Anda memakai sandal jepit koleksi terbaru dari Havaianas, mungkin Anda tak akan sembarangan memakainya. Merek sandal jepit dari Brasil ini dibandeol seharga sepeda motor. Menggandeng rumah mode asal Italia, Havaianas akan mengeluarkan koleksi sandal jepit mewah.

Untuk koleksi musim semi/panas 2014, sandal jepit itu dibanderol dengan harga US$ 295 atau sekitar Rp 3,5 juta. Sandal ini akan tersedia 15 Januari nanti di rumah mode Valentino. Untuk kaum Hawa, tersedia koleksi warna merah muda, kuning, atau abu-abu.

Untuk kaum Adam, koleksinya dibanderol lebih murah, “hanya” seharga US$ 245 atau sekitar Rp 3 juta. Tersedia koleksi dengan warna ungu, hijau tua, kelabu, hingga warna army.

Koleksi yang paling mahal dibanderol US$ 895 atau sekitar Rp 10,7 juta. Yang membedakan sandal ini dengan koleksi di atas adalah talinya dari kulit buaya.

Havaianas awalnya adalah sandal jepit biasa yang digunakan kaum miskin di Brasil. Namun sandal ini berkembang jadi merek sandal wah yang dijajakan di butik mewah Holywood, Eropa,dan Asia.

Havaianas kini juga rajin menggandeng desainer kenamaan, seperti Matthew Williamson, Missoni, dan Sass & Bide untuk mengeluarkan koleksi baru. Pada 2011, 210 pasang sandal produksinya terjual ke seluruh dunia.

Pada Kamis, 19 Desember, 2013, Rui Porto–seorang mantan eksekutif Alpargatas, produsen Havaianas–mengatakan mereka memulai produksinya pada 1962. Desain sandal Havaianas mengambil inspirasi dari sandal jerami Jepang yang biasa dikenakan para geisha. Karena inspirasi ini, Alpagatras tak mematenkan desainnya. Tanpa paten, sandal ini dengan mudahnya ditiru pesaing lainnya. Namun keunggulan Havaianas, yaitu materi sol karet yang digunakan, dijaga ketat kerahasiaannya.

Pada era 1990-an, banyaknya peniru membuat pasar Havaianas terdesak. Eksekutif perusahaan itu membanting stir perusahaan dan membelokkan merek Havaianas menjadi aksesori fashion kalangan berduit. Pilihan ini sukses. Kalangan menegah atas Brasil dan kaum berduit banyak yang memakainya. Kepopuleran sandal ini keluar dari Brasil.

NUR ROCHMI | DAILYMAIL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s