Jangan Pelit Berbagi Pengetahuan


Image

Anda mungkin punya banyak pengetahuan, tapi sayang pengetahuan itu tersimpan di komputer Anda, di flash disk, di external harddisk, atau malah masih tersembunyi di benak Anda. Belum keluar dan dituangkan. Orang lain tidak bisa mengakses pengetahuan Anda dan memanfaatkannya, sehingga pengetahuan Anda kurang produktif.

Anda sendiri pun mungkin hanya sebagian kecil pengetahuan yang termanfaatkan. Padahal, untuk mendapatkannya, Anda membutuhkan waktu bertahun-tahun, hasil bekerja, bergaul, mengikuti workshop, membaca, dan aktivitas belajar lain. Pengetahuan Anda merupakan hasil konstruksi dari semua itu, namun kemanfaatannya terbatas.

Banyak individu pintar menyimpan kompetensinya untuk diri sendiri. Ia enggan berbagi dan mungkin berpikir “Kalau dia tambah pintar, saya gak terpakai lagi, dong.”

Begitu pula, banyak perusahaan yang tidak menyadari betapa penting mengelola pengetahuan yang dimiliki karyawan dan organisasi. Karyawan keluar dari perusahaan sembari membawa pengetahuan yang belum sempat dibagi-bersama, belum sempat disimpan di dalam wadah knowledge management, belum sempat dikembangkan jadi keterampilan. Sangat boleh jadi, sebagai organisasi, perusahaan harus mengulang proses yang sama dalam menghimpun pengetahuan.

Banyak organisasi dan perusahaan menghadapi persoalan seperti itu. Banyak organisasi tidak memahami bahwa pengalaman yang diperoleh dan keahlian yang diterapkan di satu bagian organisasi dapat mendongkrak kinerja di bagian lain. Pengetahuan dan pengalaman disimpan di masing-masing bagian sehingga bagian lain tidak bisa mengaksesnya, apa lagi merasakan manfaatnya.

Bagi organisasi, aktivitas berbagi (knowledge sharing) sebenarnya dimaksudkan untuk menjadikan pengetahuan lebih produktif. Pengalaman bagian tertentu dalam memecahkan suatu persoalan berpotensi membantu bagian lain yang tengah menghadapi persoalan serupa. Berbagi pengetahuan akan membantu organisasi secara keseluruhan untuk mencapai tujuan-tujuan bisnisnya. Orang-orang di bagian manapun dalam organisasi dapat memanfaatkan pengetahuan secara praktis. Menyimpan pengetahuan di dalam server tanpa ada yang memanfaatkannya sama saja dengan menimbun pengetahuan.

Bila orang memahami manfaat berbagi pengetahuan untuk tujuan produktif, niscaya langkahnya tidak terlampau sukar—tak perlu takut orang lain jadi lebih pintar. Secara bersama-sama, orang di dalam organisasi perlu menyadari bahwa banyak manfaat yang bisa diperoleh dari berbagi pengetahuan: penyelesaian tugas lebih efektif, terhindarinya kesalahan serupa, membantu teman mempertahankan pekerjaan. Saling berbagi pengetahuan akan jadi aktivitas yang menyenangkan tanpa perlu cemas disaingi kawan sekerja. Bilamana ini terwujud, berarti sudah terjadi pergeseran pemahaman dari ‘knowledge is power’ menjadi ‘sharing knowledge is power’.

Kita dapat membayangkan berbagi pengetahuan itu sebagai proses sinergis. Apabila saya berbagi gagasan dengan orang lain tentang suatu produk atau cara mengerjakan sesuatu, langkah ini akan membantu saya dalam memperbaiki gagasan itu. Mengapa begitu? Ketika kita berbagi, orang lain akan terdorong untuk memberi masukan dan saran sehingga gagasan berpotensi jadi lebih baik. Berbagi pengetahuan bersama akan membantu kita meraih tujuan individu maupun tujuan bersama.

Menyadari bahwa berbagi pengetahuan akan produktif bagi tercapainya tujuan organisasi niscaya bisa mendorong seseorang untuk bersedia berbagi. Ia tidak akan merasa cemas orang lain menjadi semakin pintar, sebab dirinya pun bertambah pintar. ***

DICOPY-PASTE DARI BLOG TEMPO INTERAKTIF : Jangan Pelit Berbagi Pengetahuan

Gambar dicomot dari sini.

2 thoughts on “Jangan Pelit Berbagi Pengetahuan

  1. kalau saya: beritahu apa yang kamu tahu tapi jangan beritahu semua yang kamu tahu, maksudnya jangan seperti sekolah SD apa-apa di cekokin gurunya. jadi anaknya gak bisa mengeksplorasi tentang apa yang dipelajarinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s