Google & Android: Penguasa Dunia Baru


Google AndroidGoogle yang banyak dikenal orang sebagai mesin pencarian online, sekarang sudah banyak merambah ke dalam sisi kehidupan manusia. Bisnis mereka yang semakin banyak menimbulkan impresi bahwa Google akan menguasai dunia. Sergey Brin dan Larry Page merencanakan google pada awalnya hanyalah sebagai mesin pencari saja. Tapi tidak hanya itu, ternyata mereka berdua ingin lebih dari sekedar “mesin pencari online”. Sampai detik ini sudah banyak produk Google yang mendunia seperti android dan google glass. Efeknya adalah menimbulkan persepsi bahwa Google akan mendominasi sisi kehidupan orang banyak atau dalam kata lain menguasainya. Berikut beberapa penjelasan mengapa Goggle dinyatakan akan menguasai dunia.

Sejak berdirinya pada tahun 1998, Google cepat melesat dan terkenal sebagai mesin pencari terpopuler di dunia  dan mencapai 70% pengguna desktop PC dan 90% pengguna handphone. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Google cukup menguasai banyak informasi yang sedang ada di dunia maya. Tidak sampai disitu, Google juga mengatur bagaimana orang-orang akan mengakses layanannya, yaitu dengan system operasi ANDROID. Yang saat ini sudah ditetapkan sebagai sistem operasi dengan pengguna terbanyak di dunia.

Ditambah lagi dengan Google Glass, kacamata yang terkoneksi dengan internet, yang sangat amat mungkin menjadi gadget dengan banyak peminat juga di masa depan. Dari satu hal ini sudah dapat disimpulkan bahwa Google akan semakin erat dengan kehidupan manusia. Dan akan menjadi kebutuhan primer nantinya.

Jaman sekarang yang di mana mobilitas manusia sudah sering terjadi tiap hari, berpergian dengan kendaraan dan melakukan perjalanan ke kantor, sekolah atau tempat lain tiap hari. Hal ini menginspirasi Google untuk membuat sebuah mode transportasi yang bisa berjalan dengan otomatis yang bernama Google Car. Mobil yang berbasis mobil Toyota Prius ini bisa berjalan sendiri tanpa keterlibatan pengemudi seperti pada umumnya. Mobil ini tentu sudah dilengkapi dengan Google Maps sebagai mode navigasi dalam berkendara dengan Google Car. Mobil ini pula sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang memungkinkan berjalan tanpa menabrak, bahkan ketika seorang tuna netra menggunakan mobil ini, Google Car dapat mengantarkan ke tempat tujuan tanpa menabrak. Berita terbaru mengatakan mobil ini sudah mengantongi izin untuk berjalan di jalan umum. Sangatlah mungkin jika kita melihat dari hal ini nantinya jalan-jalan di kota besar akan didominasi oleh Google Car.

Peran robot jaman sekarang sudah banyak digunakan di beberapa perusahaan atau pabrik sebagai tenaga kerja pengganti manusia. Banyak pengusaha yang lebih memilih robot karena kerja mereka sangat efisien waktu dan minim dana yang dikeluarkan. Berangkat dari kebutuhan ini google akan menyiapkan robot yang nantinya akan menolong manusia dalam kegiatan sehari-hari. Google sudah mengakuisisi beberapa perusahaan robot karena dirasa robot memiliki potensi yang sangat besar. Yang terbaru adalah produsen robot bernama Boston Dynamics yang membuat beberapa robot dengan teknologi tinggi. Belum jelas  robot seperti apa yang akan google ciptakan. Satu hal yang pasti bahwa google akan melakukan sebuah perubahan besar terhadap kehidupan manusia, salah satunya mungkin akan membuat robot sebagai pembantu rumah tangga atau Babysitter.

Inovasi terakhir yang Google lakukan untuk dapat mendominasi setiap sisi kehidupan manusia adalah membuat obat yang dapat memperpanjang umur. Berdasarkan fakta bahwa semua manusia pasti tua dan meninggal, Google ingin memperlambat proses tersebut dan mendirikan sebuah perusahaan baru bernama Calico Calico dan melakukan penelitian untuk membuat sebuah cara agar dapat memperpanjang umur dari 20-100 tahun. Larry Page, menyatakan bahwa akan menemukan sebuah obat untuk melawan berbagai penyakit dan memperlambat proses penuaan. Calico dipimpin oleh David Bostein, mantan profesor di Princeton University yang akan menjadi Chief Scientific Officer.

Dari semua hal tersebut timbul sebuah pertanyaan, yaitu apakah benar bahwa Google ingin agar semua manusia dapat hidup dengan umur panjang dan terus mengakses semua layanan dari Google? Kita hanya bisa menunggu dan menyaksikan apakah Google akan berhasil dengan semua inovasinya tersebut dan dapat mendominasi semua sisi kehidupan manusia seperti tujuan akhirnya?

Sumber: Google Akan Menjadi Penguasa Dunia, Percayakah Anda? Percayalah…

3 thoughts on “Google & Android: Penguasa Dunia Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s