Delapan Peruntungan Sambut Imlek


ImageMASYARAKAT awam Indonesia memahami perayaan Imlek sebagai perayaan tahun baru bagi warga Tionghoa. Sesungguhnya, maknanya jauh lebih dalam dari sekadar itu. Makanan, keluarga, dan peruntungan yang baik –itulah yang sebagian diharapkan akan terjadi pada Hari Imlek. Menyambut Tahun Baru Imlek 2565 yang jatuh pada Jumat (31/1) besok, berikut delapan hal yang bisa dilakukan warga keturunan guna memastikan Tahun Kuda ini adalah tahun keberuntungan mereka.
Mengubah Peruntungan Hidup

Tahun Baru Imlek adalah tahun untuk memulai hal yang baru. Menghapus segala “peruntungan buruk” dari tahun lama, dan menggantikannya dengan “peruntungan baru” dengan berbagai hal simbolis yang juga bisa membuat hidup lebih teratur. Jadi sebelum Hari Imlek, membersihkan seluruh rumah (untuk mengusir peruntungan buruk), beli pakaian baru dan ke salon dengan gaya baru (karena akan menjadi gaya sepanjang tahun depan), serta bayar semua utang (bila memulai tahun baru dengan utang, konon juga akan mengakhiri dengan utang).

Habiskan hari pertama Imlek mengerjakan sesuatu yang disukai. Jadi, jangan bekerja (kecuali ingin bekerja terlalu keras sepanjang tahun), dan jangan bersih-bersih –karena dipercaya “membersihkan” peruntungan baik yang dibawa oleh Tahun Baru.
Mengenakan Sesuatu yang Merah

Tahun berbeda memiliki warna keberuntungan berbeda. Namun, warna merah selalu merupakan warna aman. Merah merupakan warna paling beruntung (biasanya digunakan untuk gaun pengantin perempuan). Jadi, mengenakan sesuatu yang merah, atau pasang dekorasi merah di rumah maupun toko atau bisnis. Menjelang Imlek, membeli kertas hiasan kuning merah dan pasang di luar pintu rumah dengan tulisan menandakan peruntungan dan nasib baik. Hindari warna putih karena itu bertalian dengan kematian dan warna untuk acara pemakaman.
Santap Banyak Makanan Keberuntungan

Makanan dan pesta paling banyak tersedia dan dilakukan pada Hari Imlek, dengan berbagai makanan disajikan sebagai tanda simbolis dan juga karena kelezatannya. Makan mi karena mi berarti umur panjang. Beli ikan utuh, karena kata ikan dalam bahasa Tiongkok berarti “banyak” (namun jangan membalikkan ikan ketika disantap, karena ini berarti para nelayan akan mengalami kecelakaan karena perahunya terbalik). Beli jeruk yang bulat seperti kepingan emas, makanan manis berarti tahun manis, dan makanan yang berlimpah berarti harapan adanya makanan yang cukup tersedia sepanjang tahun.
Bawa Sesuatu yang Manis untuk Teman dan Keluarga

Hari Raya Imlek berarti semua keluarga berkumpul saling membagikan hadiah dan angpau. Hadiah untuk orang dewasa biasanya sesuatu yang manis (guna menandakan tahun manis ke depan), dan bila Anda diundang ke pesta Imlek, bawalah cokelat, permen atau biskuit untuk tuan rumah.
Beri dan Terima Angpau

Sudah merupakan tradisi lama ketika merayakan Imlek untuk memberikan amplop merah, angpau kepada anggota keluarga yang masih muda dan belum menikah. Dulu jumlahnya adalah untuk uang saku sepanjang tahun sehingga jumlahnya besar. Sekarang lebih sekadar tradisi –kecuali untuk keluarga yang masih sangat tradisional. Uang biasa dimasukkan ke dalam amplop merah dan jumlahnya harus ganjil.
Ikut Pesta Perayaan

Setelah keluarga saling berkunjung dan menyantap makanan bersama, Hari Imlek menjadi perayaan kemasyaratan. Di banyak negara, muncul pasar kaget yang menjual boneka, baju, bunga, dan tentu saja makanan. Di sini, Anda pun bisa mencari-cari barang yang diinginkan, mungkin bertemu teman lama dan saling mengucapkan Selamat Imlek.
Saksikan Pertunjukan Barongsai

Selalu dipertunjukkan pada Hari Imlek, barongsai disebut-sebut bisa mengusir peruntungan buruk karena drum yang bertalu-talu ditambah suara cymbal dan kembang api menggelegar, akan menakut-nakuti setan.
Lihat Horoskop

Cek tanggal lahir pada tahun berapa dan masuk dalam kalender binatang yang mana. Dari situ, bisa dicek keberuntungan untuk tahun depan. Horoskop Tiongkok memiliki 12 simbol, yang berganti setiap tahun. Sama seperti zodiak Barat, setiap binatang ini memengaruhi kepribadian dan keberuntungan. Tahun 2014 adalah Tahun Kuda. Jadi, kalau Anda lahir pada tahun kuda, berarti inilah tahun Anda! (*/zal/k7)
sumber : KaltimPos.co.id., Delapan Peruntungan Sambut Imlek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s