Bucharuddin Jusuf Habibie: Presiden RI 2014 Harus Berumur 40 – 60 Tahun


Kata Awal @matanajwa

  1. Seorang teknokrat terlahir, dari rezim yang terorganisir.
  2. Sejak muda dilimpahi bakat, berpendidikan mantap & penuh tekad.
  3. Visinya melambung jauh tinggi, penguasa memberinya tempat berekspresi.
  4. Dia menjadi yang terpilih, di lapisan penting rezim yang penuh seleksi.
  5. Berkiprah dalam alih teknologi, industri nasional penuh gengsi.
  6. Dia menjadi presiden di waktu yang sempit, saat bayang-bayang rezim digugat sengit.
  7. Ketika reformasi masih saja dalam transisi, apa pandangannya soal kondisi negeri terkini?

Tentang Ainun, istrinya

Saya kehilangan separuh jiwa saya. Tapi sekarang saya sangat meyakini bahwa Ibu Ainun selalu ada dlm diri saya.  

Saat rindu Ainun, saya membayangkan ibu berkata: Jangan sedih, saya selalu mendampingimu dan ada di sampingmu.  

“Habibie adalah panutan bagi keluarga dan pastinya tidak pernah berhenti bekerja demi kemajuan bangsa.” (@AdrieSubono)

Soal Pertanggungjawaban Presiden Habibie yang Ditolak Sidang MPR

Kalau rakyat yg mewakili itu tidak menerima saya memimpin negeri, saya terima itu sebagai kenyataan.

Saya bersyukur selama 517 hari, bisa menjalankan tugas sesuai kemampuan saya.

Soal Tidak Ikut Mundur bersama Pak Harto

Sebagai Wapres, jika terjadi sesuatu dengan presiden, saya harus mengambil alih kepemimpinan & menjalankan tugas yang telah ditetapkan.

Kalau Pak Harto mengatakan saya tidak mampu, kenapa menyetujui saya jadi wakil presiden? Itu tidak konsekuen.

Kalau saya ikut mundur dengan Pak Harto, saya melanggar UU. Itu saya tanda tangani di depan wakil rakyat dan presiden terpilih.

Kalau saya salah mengambil kebijakan, Indonesia bisa bubar.

Pak Harto bilang pada saya, Beliau selalu mendoakan saya supaya sukses dan selamat. Mendengar itu saya menangis.

Waktu beliau sakit, saya datang langsung dari Jerman. Pak Harto tidak dalam keadaan sadar tapi saya tidak diperkenankan masuk.  

Soal Dianggap Kroni Suharto

Saya tidak perlu membuktikan. Mereka bilang saya kroni Soeharto. I don’t care.

Soal Dituduh Pengkhianat oleh Mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainudin Maidin

Sosoknya sederhana, bicaranya pintar & tajam. Berbeda, dia politisi yg bicara dengan keyakinan & dari hati nurani

Ya tidak semua menteri ada kelayakan. Baik di Indonesia atau di Malaysia.

Kami mohon, teman2 di Indonesia jangan anggap suara mantan menteri penerangan itu sebagai suara rakyat yg waras. (@anwaribrahim)

Soal Referendum Timor Timur & Telikungan Kofi Annan

Saya tidak peduli dg bisikan apapun, karena saya punya keyakinan dan pendapat sendiri.  

Memang saya sempat marah pada Kofi Annan saat referendum Tim-Tim dinyatakan.

“Tidak pernah ada keputusan yg diambil secara unilateral oleh Pak Habibie.” (Dewi Fortuna Anwar)

Saya tidak marah. Saya tidak mau mengeluarkan waktu & tenaga utk salahkan siapa saja sehingga ini tidak pernah terjadi.

Soal IPTN

Kalau IMF datang untuk membantu tapi saya harus matikan IPTN, saya tendang itu IMF.  

Saya kalahkan cita-cita saya untuk menang. Yang menang itu siapa? Rakyat.  

Bagi saya, itu tidak sia-sia. Pesawat terbang itu membuktikan kita sama dg negara lain yang bisa membuat pesawat komersil.

Soal Calon Presiden Republik Indonesia 2014

Rakyat dipersilahkan memilih seorang pemimpin bdasarkan prestasinya. Penting menentukan kriteria siapa yg memimpin bangsa ini.

Semua pimpinan dari partai tidak boleh duduk di kabinet.  

Kalau Pak Habibie jadi presiden tentunya etika politik akan menjadi jelas, tidak seperti sekarang. (Akbar Tandjung)

“Dengan pemilu serentak tahun 2019, cita-cita Pak habibie akan capres independen bisa tercapai.” (@fadjroel)

Jadi siapa saja yang ada di Indonesia, kalau dia memenuhi syarat silahkan mencalonkan diri jadi presiden.

Yang jelas kriteria itu perlu. Maka saya sampaikan, yang memimpin bangsa ini bukan selebritis.

Kriteria calon pemimpin itu harus 40-60 thn, problem solver, tak mendewakan pencitraan.

Saya tidak kenal Rhoma Irama, siapa dan main apa dia.  

“Dlm waktu 517 hari, Habibie menerbitkan lebih dari 57 UU, 1 Perpu. Ini prestasi yang paling produktif dalam kepemimpinan kita.”

“Ketika beliau selesai menjabat, beliau tetap memberi nasihat tapi tidak ikut campur dalam politik.”

“Habibie itu sebagai senior citizen yang terhormat di Indonesia.” (@aniesbaswedan)

Habibie membaca Puisi

Sumpahku.

Terlentang!

Jatuh!

Perih!

Kesal!

Ibu pertiwi engkau pegangan.

Janji pusaka dan sakti.”

Tanah tumpah darahku, makmur & suci.

Hancur badan, tetap berjalan.

Jiwa besar & suci membawa aku padamu.

Padamu Indonesia makmur & suci.

Kata Akhir @matanajwa

1        Habibie membawa mimpi, anak bangsa yang mampu berdikari.

2        Teknokrat lain sempat mencaci, jika bisa impor mengapa harus bikin sendiri.

3        Meski lama bersekolah di luar negeri, dia pulang untuk membangun kembali.

4        Panutan perihal pendidikan, juga dalam hal pengabdian.

5        Sebagai pemimpin dia memberi visi, industri strategis harus dikelola sendiri.

6        Di tangan Habibie Indonesia seperti bernyali, siap mencuat dan berkompetisi.

7        Sebagai ayah & suami dia menyentuh hati, meriwayatkan cinta & kasih kinasih abadi.

8        Tak bisa dipungkiri Habibie meniupkan ruh demokrasi, di era reformasi yang penuh caci-maki.

Leave a Reply

