Membangun Brand bagi Muslim dan Muslimah di Indonesia


Image

Kultwit oleh @Subiakto

1          Berawal dr membaca buku Jesper Kunde berjudul ‘Corporate Religion’ pd tahun 2006, dmn sy mengenal istilah ‘Brand Heaven’

2.        Brand Heaven (Surganya Brand) disini dimaksudkan suatu keadaan dimana sebuah Brand sudah melampaui ujian2 ‘duniawi’ 

3.        Sebuah brand yg sdh mencapai Brand Heaven pasti laku dijual tanpa melihat apapun jenis produknya.

4.        Bbrp product yg sdh masuk dlm Brand Heaven a.l Harley Davidson, Apple, Hello Kitty, Mickey Mouse, dll

5.        Mengapa demikian? Krn Brand tersebut memiliki makna yg tinggi bagi konsumen atau komunitasnya

6.        Krn itu dlm bbrp kesempatan sy mendifinisikan Brand = Nama + Makna

7.        Bicara Surga kita bisa mengacu pada ajaran Islam. Gak perlu buku2 Branding dari barat. Mengapa?

8.        Agama Islam mengajarkan mengapa setiap individu Muslim dan Muslimah harus menjadi Brand sblm masuk ke Surga

9.        Seorang Muslim dan Muslimah masuk surga krn ditemani oleh AMALAN2 selama hidup di dunia

10.    Nah amalan2 itu adalah suatu ACTION yg memberi manfaat bagi komunitas kita. Yg kelak bermakna bagi mrk

11.    Dari komunitas kecil yg bernama keluarga hingga komunitas besar yg disebut umat/bangsa

12.    Komunitas di sekitar kita ada keluarga, tetangga/teman, kelompok panutan, kelompok sosial, suku dan bangsa

13.    Dlm komunitas keluarga, nama kita pun bisa diuji apakah sudah menjadi brand atau belum

14.    Apabila nama seorang ayah begitu bermakna bagi putra-putrinya maka mrk akan melekatkan nama ayah di blkng nama mrk #Branding

15.    Sy sgt bersyukur ke-3 anak sy melekatkan nama sy diblkng nama mrk @Tyasubiakto @Dionsubiakto & @Satisubiakto

16.    Dalam komunitas yg lebih luas pun sy berusaha mambangun makna dgn menyebarkan ilmu/karya yg bermanfaat

17.    Dalam ajaran Islam, menyebar manfaat itu disebut dalam satu kata. SODAQOH

18.    Anda bisa ber-sodaqoh dlm bentuk apapun. Segelas air. Sepiring nasi. Sebuah nasehat. Sebaris ayat. Bahkan nyawa sekalipun #

19.    Sodaqoh anda adalah Brand anda. Bagi wiraswasta UKM, bisa berupa produk, layanan, senyuman atau keakraban

20.    Bagi UKM warungan, bisa jadi produk anda biasa2 aja. Tapi keakraban anda dgn pelanggan bisa membangun brand

21.    Manfaat yg kuat menjadi makna bagi komunitasnya. Manfaat yg kuat dibangun berdasarkan KOMPETENSI

22.    Pesantren yg dibangun seorang @Yusuf_Mansur lebih bermakna drpd dibangun oleh politisi dlm rangka pencitraan

23.    Mengapa? Krn pesantren masuk dlm area KOMPETENSI seorang ustadz, yg dlm hal ini ustadz @Yusuf_Mansur

24.    Sy mengistilahkan ACTION as a PROMOTION. Kalau manfaat yg anda pilih kuat maka branding ada gak perlu iklan

25.    Branding yg kuat adalah branding yg dibangun berdasarkan KOMPETENSI.

26.    Branding bisa juga dibangun berdasarkan value-added. Kita kenal dgn pencitraan atau popularitas#Branding

27.    Brand yg dibangun oleh popularitas, kelak akan kesulitan ketika dituntut KOMPETENSI-nya

28.    Politisi yg menjadi populer krn membangun pesantren akan kesulitan ktk diminta memimpin khataman Al Quran

29.    KOMPETENSI adalah sebuah KOMITMEN dari sebuah brand untuk mendeliver manfaat bagi masyarakat

30.    Karena itu pilihlah brand yg memiliki KOMPETENSI kalau tdk mau kecewa di kemudian hari.

31.    Sekian dulu kultwit ‘Membangun brand bagi Muslim dan Muslimah di Indonesia’.

sumber : kultwit @subiakto, 6 Februari 2014 – menjelang dini hari

2 thoughts on “Membangun Brand bagi Muslim dan Muslimah di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s