Di Balik Diam Boediono Di Mata Najwa


1. Pak Boed, begitu ia kerap disapa, pribadi hening dari ingar-bingar berita. #MN

2. Tapi kini terseret dalam histeria, dibetot kasus Bank Century yang belum bersudah. #MN

3. Kebijakan itu sumber ketegangan publik, menyulut politik yang justru berdampak sistemik.

4. Sebagai pribadi Pak Boed suri teladan, sebagai pejabat silakan diperdebatkan. #MN

5. Dia tak banyak bicara mengutas kata, apalagi membumbui dirinya dengan citra. #MN

6. Sosok teknokrat jenis pekerja, tegak lurus atasan & detil dalam berencana. #MN

7. Wapres yang tampil irit seadanya, membuat publik kerap terlupa posisinya. #MN

Inilah Mata Najwa, Di Balik Diam Boediono. #MN

Telah hadir di studio Mata Najwa, Wakil Presiden Republik Indonesia, @boediono #MN

 “Banyak waktu yg saya gunakan utk bekerja dan kalau memang tdk terlalu penting ya saya tdk tampil di media.” @boediono #MN

 “Saya bukan menghindari media, memang karakter saya seperti itu.” Boediono #MN

 “Ya Jokowi memang bukan lawan saya dlm kepopuleran. Saya tdk terganggu.” Boediono #MN

 “Dari dulu saya tdk mengejar popularitas. Yg ingin dikejar adlh apa yg saya ingin laksanakan di hati saya.” @boediono #MN

Akun twitter @boediono pnh bilang mjd wapres berarti siap tak terlihat, tenggelam n rakyat melihatnya tak melakukan apa-apa. #MN

 “Tweet itu hanya sekadar kelakar yg saya ‘quote’ dr seseorang. Menurut saya ya itu cocok dg saya.” Boediono #MN

 “Sy tdk terganggu dibanding2kan. Apa yg saya lakukan jika diklaim oleh orang lain ya silakan.” @boediono #MN

 “Wapres kerap harus kerjakan tugas2 kecil yg tdk pantas dg jabatannya.” Kuntoro Mangkusubroto #MN

 “Pak Boed ini org yg sangat santun, bahkan terlalu santun.” Kuntoro Mangkusubroto #MN

 “Pak Boed mengurusi masalah besar sampai kecil. Dari reformasi birokrasi sampai urusan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi.” Kuntoro #MN

 “Orang tak banyak tahu krn wapres diam dan segan sekali diajak bicara dg pers” Kuntoro #MN

 “Kalau dilihat dr apa yg saya kerjakan, nampaknya tidak ada hambatan yg dialami.” Boediono #MN

 “Yg saya tahu, menteri2 tdk ada yg mbalelo. Stdknya di depan saya.” @boediono #MN

 “Gaya Beliau kalem dan tdk byk bicara tp tegas. Beliau jarang marah, tp kalau marah jg tdk terlihat.” Mari Elka #MN

 “Hanya sekali Pak Boed agak marah kpd satu menteri tp caraya dg diam dan keluar ruangan.” Mari Elka #MN

 “Marah itu beban bagi yg marah. Mgkn dianggap marah, tp saya selalu cinta sama rekan2 saya. Ngga pernah marah saya.” @boediono #MN

 “Beliau sangat tdk neko2, sederhana.” Chatib Basri #MN

 “Beliau pernah beli batik sederhana di toko dlm hotel, utk acr resmi. Ternyata itu batik seragam pegawai hotel.” Chatib Basri #MN

 “Kabinet? Hmm…Mungkin yg harus direshuffle ya Wakil Presidennya.” @boediono #MN

 “Perjalanan hidup seseorang ada garisnya. Apa yg saya pilih ya itu jalannya, jd saya tdk menyesal.” @boediono #MN

 “(Saat ambil kebijakan bailout) sy tdk menduga jg begini. Tp sy hadapi dg tulus mengatasi masalah krisis pd thn 2008 lalu.” @boediono #MN

 “Saya diberi kesempatan menangani krisis. Dan ada hasilnya. Setelah melewati 2008, perekonomian kita terus maju.” Boediono #MN

 “Ketika mengambil kebijakan bail out, saya & kawan2 merasa kasus itu harus segera ditangani. Tdk terpikir akan dipersoalkan” Boediono #MN

 “30 thn menggeluti masalah ekonomi. Saya mengalami dan merasakan krisis itu. Jd apa yg saya lakukan didasarkan pd pengalaman.” Boediono #MN

 “Dlm krisis, perkembangan keadaan cepat sekali. Sehingga perlu langkah yg cepat pula.” Boediono #MN

 “Pilihan kebijakan dlm krisis itu sgt terbatas. Menutup atau membiarkan bank itu ttp hidup. Konsekuensinya bisa sangat jauh” @boediono #MN

 “Kalau kebijakan dikriminalisasi, saya tdk akan buat kebijakan. Itu seharusnya dihindari.” Sofyan Djalil #MN

 “Dlm politik, yg dijatuhkan itu yg menjadi ancaman. Pak Boed ini bukan ancaman utk siapa2, tp kok byk musuhnya?” Abdillah Toha #MN

 “Saya tdk merasa DPR itu sebagai musuh kok.” Boediono #MN

 “Saya tdk terganggu meski ada yg mengincar posisi wapres utk menggantikan saya.” Boediono #MN

Akan hadir mystery guest untuk Pak Boediono. Siapa dia? Saksikan sesaat lagi setelah Headline News, tetap di @Metro_TV

 “Kemajuan suatu bangsa ditentukan dr kualitas kinerja lembaga2nya.” Boediono #MN

 “Dr sisi karakter, Pak Boed sosok sgtt setia krn hny pnya satu kawan yg selalu surat menyurat dg Beliau, yaitu bu Hera.” Abdillah Toha #MN

 “Kalau saya ditanya definisi org baik itu siapa, saya akan jawab Boediono. Saya katakan itu dr hati saya.” Abdillah Toha #MN

 “Olahraga membuat saya bisa melupakan masalah yg lain.” @boediono #MN

 “Pak Boed selalu memisahkan urusan dinas dan pribadi. Terutama masalah keuangan.” Mohamad Oemar #MN

 “Waktu naik haji, sbnrnya disediakan pesawat kepresidenan dan ditanggung negara. Tp Beliau bayar dg uang pribadi.” M. Oemar #MN

 “Tdk hanya bayar tiket pesawat, tp bahkan ongkos parkirnya pun diganti dg uang pribadinya.” M. Oemar #MN

 “Pernah suatu hari kunjunga ke LN, harus beli bbrp singlet. Beliau ganti dg uang pribadi. Sangat ketat pisahkan soal2 begini.” M. Oemar #MN

 “Dia (Boediono) tetap sama dari dulu sampai sekarang. Lugu dan tdk romantis.” Herawati #MN

 “Pelajaran ttg kesederhanaan dan memisahkan mana yg hak dan mana yg bukan.” Herawati #MN

Kami beri kejutan menghadirkan putri sulung Boediono yg tinggal di Singapura. #MN

“Bapak tidak berubah. Tapi sekarang perhatiannya lebih kepada cucu.” Ratri #MN

“Dulu sy sempat galau dg posisi bapak. Tp skrg sdh tdk terlalu memikirkan apa kata orang. Sudah tdk sakit hati.” Ratri #MN

“Dari awal sebenarnya saya sudah kurang suka dg posisi bapak. Tp ya apapun yg terjadi, hadapi saja.” Ratri #MN

“Pesan yg pernah sy terima; Worry not my child. For he is a man who would not take the easy way out….” Ratri #MN

 “…If it means its for the good of the country. Those who know him well, will attest to that.” Ratri #MN

 “Sy sdh mendekati akhir masa jabatan. Tp pasti apa yg bisa saya lakukan utk negara stlh berhenti jd wapres, akan berlanjut.” @boediono #MN

 “Saya akan terus mencari peran yg bisa saya lakukan. Tentunya yg memberi manfaat bagi generasi muda.” @boediono #MN

CATATAN NAJWA #MN

1. Pak Boed lama bersama kekuasaan, dalam makna lain telah memberi pengabdian. #MN

2. Dia mungkin contoh yang sempurna, pejabat nonpolitik yang relatif diterima. #MN

3. Sebagai wapres dia tahu diri, berada di gelanggang sebagai pengganti. #MN

4. Kini dia menjadi samsak amuk politik, akibat bank gagal berdampak sistemik. #MN

5. Ada yang menudingnya miskin terobosan, hanya karena Pak Boed taat aturan. #MN

6. Dia bukan bintang liputan media, meski bukan berarti sedikit bekerja. #MN

7. Selamanya kita bisa belajar dari dirinya, laku keseimbangan yang terjaga. #MN

8. Berwibawa tanpa banyak kata, lama berkuasa namun tetap hidup sederhana. #MN

9. Dia teknokrat yang santun dalam batasan, menyeimbangkan peran & atasan. #MN

10. Bekerja dalam dingin rasionalitas angka, paham distorsi pasar dan negara #MN

11. Pak boed terpuji karena laku sederhana, merintis jalan menuju negeri sejahtera, meski ia tak sepenuhnya berkuasa. #MN

12. Dalam berkecamuk belenggu para politisi, Boediono contoh pekerja yang memilih sunyi. #MN

Terima kasih kepada Pak @boediono dan keluarga yg bersedia hadir memenuhi undangan kami.

Leave a Reply

