MH370 Lintasi Indonesia untuk Hilangkan Jejak?


Senin (24/3/2014) pukul 22.00 WIB Perdana Mentri Malaysia Najib Razak mengumumkan kabar Malaysia Airlines MH370 berakhir di Samudera

Senin (24/3/2014) pukul 22.00 WIB Perdana Mentri Malaysia Najib Razak mengumumkan kabar Malaysia Airlines MH370 berakhir di Samudera

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Sudah sebulan berlalu, namun fisik dari pesawat Malaysia Airlines MH370 belum ditemukan. Upaya pencarian di Samudera Hindia, sebelah selatan, dekat Perth, Australia terus dilakukan. Kabar terbaru, tim pencari mendeteksi sinyal “ping” diduga dari black box MH370 di bawah lautan Hindia.

Hasil penyelidikan radar terbaru menyebut bahwa pesawat MH370 yang terbang dengan rute dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing, China itu balik arah melintasi Malaysia. Kemudian belok ke arah barat melintasi Selat Malaka dan wilayah udara Indonesia, dekat Pulau Weh, Aceh. Lalu belok ke selatan menuju Samudera Hindia hingga dekat Perth, Australia

Kata sumber pejabat Malaysia kepada CNN, yang dikutip Liputan6.com, Senin (7/4/2014), pembelokan jalur itu dilakukan untuk menghilangkan jejak pesawat dari radar. Siapapun yang menerbangkan pesawat itu kemungkinan berusaha untuk mengelabui deteksi radar Indonesia.

Analis hukum Tom Fuentes berpendapat, meski demikian, masih ada misteri yang belum terungkap jika perjalanan MH370 seperti itu. Yakni apa tujuan dan mengapa penyimpangan jalur dan upaya menghilangkan jejak dari radar itu dilakukan.

“Saya pikir ada banyak radar di sejumlah daerah. Mungkin juga memang pesawat diterbangkan melalui jalur tersebut, tapi tetap menjadi misteri, mengapa itu bisa terjadi,” ujar Tom.
Analis penerbangan CNN Miles O’Brien menilai apabila benar pembelokan jalur itu dilakukan, berarti sang penerbangan sudah sangat menguasa jalur udara tersebut. Setidaknya ia tahu titik-titik untuk mengelabui radar.

Area Penerbangan MH370

Area Penerbangan MH370

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Hadi Tjahjanto sebelumnya menyatakan, radar mereka tidak menangkap keberadaan pesawat MH370 yang dinyatakan jatuh di Samudera Hindia bagian selatan.

“Radar RI tidak menangkap,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Hadi Tjahjanto dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com, 25 Maret 2014.

Memang, Malaysia menyimpulkan pesawat Boeing 777-200ER yang mengangkut 227 penumpang dan 12 kru itu jatuh di Samudera Hindia bagian selatan. Lantas, mengapa radar militer Indonesia tak menangkap MH370?

Apakah pesawat yang seharusnya terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing itu benar tidak melintasi wilayah Indonesia saat menuju Samudera Hindia? Hadi tak menjawab secara jelas. “Ya, radar kita tidak menangkap adanya MH370,” tutur Hadi.

sumber : news.liputan6.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s