Pengamat: Pemilih Indonesia Tidak Loyal


Berubahnya peta politik dalam hasil hitung cepat pemilu legislatif mencerminkan karakter pemilih Indonesia yang tidak loyal terhadap partai-partai lama, demikian menurut pengamat.

ImageGuru Besar Ilmu Politik Universitas Airlangga Ramlan Surbakti mengatakan kelompok pemilih yang tak loyal atau swinging voters di Indonesia mencapai 35%.

“Pemilih cenderung tidak percaya pada partai-partai politik lama. Ini terbukti sejumlah partai seperti Gerindra, Hanura, atau bahkan Nasdem memiliki hasil yang cukup bagus,” ujarnya kepada wartawan BBC Indonesia Christine Franciska.

Hasil hitung cepat CSIS

  1. PDI Perjuangan – 19%
  2. Golkar – 14%
  3. Gerindra – 11,8%
  4. Demokrat – 9,6%
  5. PKB – 9,2%

sumber: CSIS

“Pemilih indonesia masih gonta ganti pilihan,” tambahnya.

Hal ini didukung oleh data hitung cepat oleh CSIS yang menemukan bahwa sejumlah partai kecil ternyata menghimpun suara yang melebihi prediksi.

PDIP bergerak terlambat

Peneliti CSIS Tobias Basuki mengatakan suara partai kecil semakin menanjak karena kurang gesitnya PDI perjuangan meraih suara.

“Kelihatannya PDIP bergerak lebih terlambat, sehingga suara-suara itu diambil oleh partai kecil. Hal positifnya, koalisi dan pembagian jatah kekuasaan nantinya akan lebih ramai,” katanya.

Hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei menempatkan PDI Perjuangan sebagai pemenang pemilu legislatif dengan persentase sekitar 19%.

Sementara itu, di tempat kedua dan ketiga ditempati Golkar dan Gerindra.

Adapun perolehan suara Partai Demokrat – yang populer dalam pemilihan umum 2009 – menurun drastis dan hanya berada di posisi empat.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono – yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat – dalam pernyataannya Rabu (09/04) malam, mengakui kekalahan partainya dalam pemilu legislatif dan menyatakan siap menjadi partai oposisi.

sumber : BBC Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s