Dari Jogja Untuk Bangsa di Mata Najwa


1. Sejarah Indonesia, tak bisa lepas dari Jogjakarta. #MN

2. Kota ini menjadi ibu, di masa perang dan perjuangan gerilya dulu. #MN

3. Di Jogjakarta, bertemu jutaan pemuda, dari berbagai etnis dan suku bangsa. #MN

4. Semua belajar dan saling menempa, mengejar mimpi dan cita-cita. #MN

5. Jika pendidikan adalah harapan, bisakah Jogja jadi kawah kepemimpinan? #MN

Inilah Mata Najwa, DARI JOGJA UNTUK BANGSA. #MN

Kita sambut narasumber Sri Sultan HB X, Mahfud MD, Chairul Tanjung, Anies Baswedan, Ridwan Kamil #MN

“Tdk perlu ajudan banyak. Sendiri saja bisa berjalan gak perlu orang. Malah beban.” Sultan HB X #MN

“Saya kuliah saat pergolakan politik 1978 sehingga wkt itu lbh tertarik belajar hukum tata Negara” Mahfud MD #MN

“Saya produk lokal di sini. Buat siapapun yg ada di kota ini, Jogja di setiap titik adlh titik romantis” Anies Baswedan #MN

“Bandung dan Jogja? Lebih banyak miripnya daripada bedanya.” Ridwan Kamil #MN

“Miripnya Jogja dan Bandung, jumlah mahasiswa byk sekali, dan sama2 kota wisata” Ridwan Kamil #MN

“Sempat ketemu Wali Kota Jogja, akan buat sister city Bandung dan Jogja” Ridwan Kamil #MN

“Saya sendiri bingung, kok orang tahu berapa isi kantong saya.” @ChairulTandjung #MN

“Dunia ini aneh, orang suka mengukur-ukur apa yg dimiliki orang lain. Seharusnya mengukur apa yg bisa diberikan” @ChairulTandjung #MN

“Saya termasuk org yg tidak fashionable tapi salah satu jualan saya adalah merk2 yg fashionable.” @ChairulTandjung #MN

“Ayah sy bilang : kamu harus berjanji bahwa semua org hrs bisa kamu lindungi” Sultan HB X #MN

“Janji yg kedua tdk boleh melanggar peraturan pemerintah. Saya sanggupi, ya” Sultan HB X #MN

“Yang ke 3, lebih berani dibandingkan ayah saya untuk mengatakan yang benar itu benar, yg salah itu salah.” Sultan HB X #MN

“Cara saya mengkritisi, scr simbolik ataupun menyampaikan langsung pd yg bersangkutan.” Sultan HB X #MN

“Ketika saya kecil ayah saya memberitahu, kamu kalau ingin menjadi org besar harus belajar.” @mohmahfudmd #MN

“Ilmu itu begitu banyak di Jogja ini, relatif saya memperoleh semuanya, cita-cita saya tercapai bahkan terlampaui.” @mohmahfudmd #MN

“Kita tdk tahu perjalanan hidup akan seperti apa. Lokasi lahir boleh di mana saja tp lokasi mimpi harus di langit.” @aniesbaswedan #MN

“Dlm perjalanan hidup kita selalu punya pilihan dan pilihan itu ada yg datar, menurun, mendaki.” @aniesbaswedan #MN

“Memilih jalan mendaki memang berat tapi insya Allah itu akan mengantarkan ke puncak2 baru perjalanan kita.” @aniesbaswedan #MN

“Ada persimpangan2 hidup dlm mengambil keputusan. Saya jadi Wali Kota krn akumulasi kegelisahan.” @ridwankamil #MN

“Tiap melihat negeri sendiri selalu timbul kegelisahan, ini negeri seharusnya bisa jauh lebih baik.” @ridwankamil #MN

“Dlm setiap keputusan saya punya seorang ibu yang menjadi guru abadi saya.” @ridwankamil #MN

“Ibu saya selalu berkata, jadilah manusia yg terbaik, yg banyak manfaatnya utk org lain.” @ridwankamil #MN

“Jadi di mana pun saya ditempatkan saya ingat nasihat ibu. Hrs berikan energi hidup terbaik kita.” @ridwankamil #MN

“Saya berasal dr keluarga yg krg mampu, bapak saya wartawan yg zaman itu hidupnya sgt kekurangan.” @ChairulTandjung #MN

“Hidup saya susah, tinggal di rumah petak, saya terus hidup serba kekurangan sampai saya dewasa.” @ChairulTandjung #MN

“Kehidupan susah saya waktu kecil, remaja, dewasa tentu membuat saya menjadi lbh kuat.” @ChairulTandjung #MN

“Menyaksikan permainan saja, saya khawatir rakyat yg dirugikan karena money politic terlalu berlebihan.” Sultan HB X #MN

“Yg saya khawatirkan kenapa pemileg ada waktu u/ campaign tertutup 15 bln tp memilih pemimpin utk republik ini hny 2 bln.” Sultan HB X #MN

“Siapa pun yg jd presiden masa bodo tp saya khawatir bisa bagi2 kekuasan karena di situ ada sumber finansial.” Sultan HB X #MN

“Alhamdulillah saya merasa bangga dan puas menjadi pengusaha. Jd presiden, wapres mulia, tp jd pengusaha jg mulia.” @ChairulTandjung #MN

“Skrg byk yg menginginkan kekuasaan u/ semata2 berkuasa pdhl kekuasaan harusnya dijadikan tujuan mengabdi kpd rakyat.” @ChairulTandjung #MN

“Siapa pun yg jd presiden sy tidak masalah, yg masalah org tsb bisa membawa rakyatnya lbh sejahtera.” @ChairulTandjung #MN
Muncul @masbutet alias Sentilun, yg hadir memberi kejutan bagi penonton di UGM. #MN

“Saya heran, org banyak yg cari pemimpin tp karena saya jomblo yg saya butuhkan bukan pempimpin tp jodoh.” Sentilun #MN

“Kalau bicara istri yang paling cocok utk Sentilun ya Najwa Shihab.” Sentilun #MN

“Rektor UGM saya jadikan Menteri Keuangan biar uangnya banyak dan orang miskin gratis sekolah di UGM. “ Sentilun #MN

“Pak Mahfud gak usah jadi Menteri, bikin group dangdut biar konsisten bersaing dgn Rhoma Irama.” Sentilun #MN

“Anies Baswedan aku jadikan ketua FPI, Front Pembela Indonesia.” Sentilun #MN

“Ridwan Kamil saya nobatkan jd Bapak Jomblo Indonesia, menghargai karyanya bikin Taman Jomblo” Sentilun #MN

“Chairul Tanjung ku jadikan Menteri Pertelevisian Indonesia special goyang Caesar.” Sentilun #MN

“Sri Sultan HB X saya minta tetap jadi Gubernur DIY.” Sentilun #MN

“Pemimpin kok dicari. Semestinya justru pemimpin yang mencari kita.” Sentilun #MN

“Pemimpin itu harusnya rajin mengunjungi rakyatnya bukan hanya mengunjungi saat pemilu tiba.” Sentilun #MN

Siapa superhero idola @aniesbaswedan @ridwankamil @mohmahfudmd Chairul Tanjung & Sultan HB X?

“Kalau melihat keruwetan di Indonesia, superhero yg saya pilih adalah Fantastic Four, krn super hero yg Pancasilais.” @ridwankamil #MN

“Kalau milih satu, sy pilih Batman. Krn dia itu inovatif & mandiri. Yg jd Robin-nya masy Bandung sendiri.” Ridwan Kamil #MN Noted

“Idola saya dulu Superman krn bisa terbang. Tp teknologi terus berkembang dan berinovasi. Skrng ada Iron Man dsb” @ChairulTandjung #MN

“Dlm konteks Indonesia, kita butuh org yg punya konsep, tindak perilaku dan integritas yg masuk akal.” @ChairulTandjung #MN

“Kalau superhero Jawa ya Kresna. Krn dia itu org yg plg berkuasa dan punya visi yg sesuai zaman.” Sultan HB X #MN

“Buat sy Judge Bao, hakim yg sgt bijaksana dan adil. Tegas mencari nilai keadilan di tengah khdpan masyarakat.” @mohmahfudmd #MN

“Saya pilih Avengers. Indonesia butuh kepemimpinan yg dpt mengundang smua org utk sama2 mengatasi permasalahan yg ada.” @aniesbaswedan #MN

“Tdk perlu membedakan muslim & nonmuslim. Penegakan konstitusi dan hukum diperlakukan sama pd semua pemeluk agama.” @mohmahfudmd #MN

“Ketika ada kemauan baik, inilah ciri anak2 yg bisa jd pemimpin dan menggerakkan Indonesia nanti.” Anies Baswedan #MN

“Soal pemerintah bekerja lambat, maka pilihlah org baik jd pemimpin di Indonesia.” Anies Baswedan #MN

“Bgtu muncul org2 yg baik, kecepatan, keseriusan & optimisme menular secara luar biasa.” @aniesbaswedan #MN

“Jogja sering disebut City of Tolerance. Saya punya kewajiban utk me-manage dan berkontribusi akan hal itu.” Sultan HB X #MN

“Saya bermimipi masyarakat Indonesia bs bekerja keras dlm kejujuran. Sehingga manfaatnya dinikmati secara bersama & masif.” @mohmahfudmd #MN

“Mimpi dan keinginan saya adalah Indonesia yg Sehat, Terdidik dan Makmur.“ @aniesbaswedan #MN

“Byk org kaya, pinter, berkuasa tp tdk kompak. Saya berimajinasi kalau mereka kompak, Indonesia bisa jd juara dunia.” @ridwankamil #MN

“Saya mimpi byk org Indonesia bisa jd entrepreneur yg luar biasa unggul. Tanpa peduli latar belakangnya.” @ChairulTandjung #MN

“Kalau bisa jd pengusaha, berarti dia bisa mempekerjakan org lain.” @ChairulTandjung #MN
“Dg gerakan entrepreneur, Indonesia bisa unggul, bebas dr kemiskinan dan disegani di dunia.” @ChairulTandjung #MN

CATATAN #MN

1. Jika memang benar Jogja itu istimewa, dari sini mestinya muncul generasi pemimpin berikutnya. #MN

2. Jogja adalah saksi mata, jutaan sarjana yang diwisuda. #MN

3. Banyak yang sukses dan kaya raya, juga yang merasa siap memimpin bangsa. #MN

4. Pendidikan memang membuka banyak kesempatan, tapi pendidikan tak otomatis lahirkan kepemimpinan. #MN

5. Pemimpin tak lahir karena ijazah, tapi oleh kerja keras dan kepedulian yang terus diasah. #MN

6. Apa arti ijazah yang bertumpuk, jika kepedulian dan kepekaan tidak ikut dipupuk? #MN

7. Apa gunanya sekolah tinggi-tinggi, jika hanya perkaya diri sendiri dan famili? #MN

8. Bagaimana akan bersikap anti-korupsi, jika sejak muda hanya sibuk dengan urusan sendiri?

9. Tak ada yang tiba-tiba bagi calon pemimpin bangsa, kecakapan bukan salinan genetika. #MN

10. Inspirasi datang dari hidup yang tahan uji, pemimpin muncul dari tempaan yang tiada henti.

 

Leave a Reply

