Google & Dorothy Mary Hodgkin


Demi menyambut hari kelahiran Dorothy Mary Hodgkin, hari ini Google merias wajahnya menjadi begini :

Google & Dorothy Mary HodgkinDorothy Mary Hodgkin, OM, FRS (lahir 12 Mei 1910 – meninggal 29 Juli 1994 pada umur 84 tahun), née Crowfoot, adalah seorang kimiawati berkebangsaan Inggris, dikenal sebagai ilmuwati yang mengembangkan kristalografi protein.[2][3][4][5][6][7] Dengan menggunakan sinar-X, ia mampu menguraikan struktur vitamin B12 dan molekul-molekul kompleks lainnya, termasuk penisilin dan insulin.

Hodgkin mendalami teknik kristalografi sinar-X, metode yang digunakan untuk menentukan struktur tiga dimensi biomolekul. Beberapa penemuannya yang berpengaruh dalam bidang sains adalah penentuan struktur penisilin yang sebelumnya telah diteliti oleh Ernst Boris Chain dan Edward Abraham, dan kemudian penentuan struktur vitamin B12, yang membuatnya dianugerahi penghargaan Nobel Kimia pada tahun 1964.

Pada tahun 1969, setelah 35 tahun melakukan penelitian dan lima tahun setelah menerima Hadiah Nobel, Hodgkin mampu menguraikan struktur insulin. Kristalografi sinar-X kelak menjadi alat yang paling banyak digunakan dan sangat penting dalam menentukan struktur sebagian besar molekul biologi, yang sangat berguna untuk memahami fungsi molekul tersebut. Hodgkin dianggap sebagai salah seorang ilmuwati pelopor dalam kajian kristalografi sinar-X biomolekul.

Kehidupan Awal

Dorothy Mary Crowfoot lahir pada tanggal 12 Mei 1910 di Kairo, Mesir, putri dari John Winter Crowfoot (1873–1959) dan Grace Mary Crowfoot née Hood (1877–1957), keduanya berprofesi sebagai arkeolog. Ia tinggal di Mesir selama empat tahun, dan kemudian pindah ke Inggris. Ia melewati Perang Dunia I di Inggris, di bawah asuhan dari kerabatnya, sedangkan orangtuanya tetap tinggal di Mesir. Setelah perang, ibunya kembali ke Inggris untuk merawat anak-anaknya. Pada tahun 1921, Crowfoot mulai menempuh pendidikan dasarnya di Sir John Leman Grammar School, Beccles. Saat berusia 18 tahun, ia mulai mempelajari kimia di Somerville College, Universitas Oxford, dan kemudian melanjutkan mengambil PhD di Universitas Cambridge.[8]

Penemuan

Hodgkin dikenal sebagai penemu struktur biomolekuler tiga dimensi.[9] Pada tahun 1945, bersama C. H. (Harry) Carlisle, ia menerbitkan struktur pertama yang menyerupai steroid, yakni iodida kolesterol.[10] Tahun 1945, ia dan rekan-rekannya berhasil menguraikan struktur penisilin, mengungkapkan bahwa strukturnya mengandung cincin β-lactam, bertentangan dengan teori ilmiah pada masa itu. Akan tetapi, penemuannya ini tidak dipublikasikan hingga tahun 1949.[11] Pada 1954, ia dan rekan-rekannya mulai menerbitkan analisisnya terhadap vitamin B12.[12][13]

Insulin adalah salah satu proyek penelitian Hodgkin yang paling luar biasa. Penelitian tersebut dimulai pada tahun 1934 setelah ia diberi sedikit sampel insulin kristalin oleh Robert Robinson. Pada tahun 1959, atau 35 tahun setelah penelitiannya dimulai, struktur insulin berhasil ia ungkapkan.[14]

Hodgkin awalnya menerbitkan karya-karyanya dengan nama Dorothy Crowfoot hingga tahun 1949; ia baru menggunakan nama pernikahannya dalam buku The Chemistry of Penicillin. Setelah itu, ia selalu menerbitkan karya-karyanya dengan nama Dorothy Crowfoot Hodgkin.

Penghargaan

Selain Hadiah Nobel Kimia pada tahun 1964, Hodgkin tercatat sebagai wanita kedua yang menerima Order of Merit pada tahun 1965 (yang pertama adalah Florence Nightingale), dan merupakan wanita pertama yang menerima Medali Copley. Ia juga merupakan anggota Royal Society, penerima Hadiah Perdamaian Lenin, dan menjadi Kanselor Universitas Bristol dari tahun 1970 hingga 1988. Ia juga menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Bath pada tahun 1978.[15]

sumber : Wikipedia

One thought on “Google & Dorothy Mary Hodgkin

  1. <<<>>>

    SELAMAT SIANG BOS..
    Apakah anda seorang poker mania??
    Jika iya,buruan yuk gabung bersama kami di mentaripoker.c0m..
    Mentaripoker.c0m mulai deposit & withdraw min idr Rp.50.000
    Di mentaripoker.c0m deposit & withdraw hanya butuh waktu 2menit saja
    Di mentaripoker.c0m telah memiliki design yang sangat bagus dan bukan hanya itu saja di mentaripoker.c0m telah menggunakan teknologi yang sangat canggih sehingga pemain bisa bermain dengan tenang karena mentaripoker bebas yang namanya BOT , CHEAT & ADMIN TAPI PLAYER Vs PLAYER..!!!
    Dan bukan hanya itu saja di mentaripoker anda tidak perlu membeli jackpot otomatis anda sudah bisa mendapatkan nya apabila anda mendapatkan kartu seperti FULL HOUSE , FOUR OF KIND , STRAIGHT FLUSH & ROYAL FLUSH..
    Jadi tunggu apa lagi??buruan yuk bergabung sekarang juga dan jangan lupa untuk segera mengajak teman-teman nya tentu nya pasti akan mendapatkan komisi referral sebesar 20% dan akan dibagikan setiap minggu nya..
    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s