Elegy Reformasi di Mata Najwa


1. Orde Baru sudah tumbang, berkat angkatan muda yg berani menentang, dan berteriak lantang. #MN

2. Mereka berbarengan bergerak, agar panji-panji perubahan bisa berdiri tegak. #MN

3. Banyak yg korbankan masa muda, melupakan hura-hura, sampai ada yg kehilangan nyawa. #MN

4. Demi mimpi Indonesia yg jaya, demi cita-cita rakyat yg sejahtera. #MN

5. Mei 98 sudah lama berlalu, kini apa yg sudah dikerjakan angkatan pelopor itu? #MN

Inilah Mata Najwa, ELEGI REFORMASI. #MN

Telah hadir di Studio Mata Najwa Mantan Pendiri Forum Kota, @AdianNapitupulu dan Mantan Ketua KAMMI, @Fahrihamzah #MN

“Memori paling kuat adlh kekerasan Negara thdp rakyat, mahasiswa, spti rangkaian penculikan dan penembakan” Adian Napitupulu #MN

“Tiap hari kita mnghitung korban. Hingga kta membuat satu tim trsndiri utk mencatat korban2nya, mencatat lukanya knpa” Adian Napitupulu #MN

“Negara saat it spti tdk mnginginkn kta. Kta spti anak tiri di negeri sndri, tdk disukai, dimusuhi, klo prlu dmatikan” Adian Napitupulu #MN

“Pilihan saya & kawan2 saat itu melawan. Lbh baik mati dlm perlawanan krna lbh terhormat daripd mati tanpa perlawanan” @AdianNapitupulu #MN

“Mungkin hari ini mahasiswa lbh punya wktu utk reflektif, tp pd hari2 itu mahasiswa tdk punya pilihan” Fahri Hamzah #MN

“Kebetulan Bung Adian mainnya luar dalam, kalau saya dan tmn2 lbh byk di dlm. Artinya tumbuh sbgai klpk study” Fahri Hamzah #MN

“KAMMI mulai awal thn 90an mencoba mengelola kampus, menata gerakan dr kampus shingga represi kdlm kmpus itu kami rasakan” Fahri Hamzah #MN

“Saya fikir 98 tdk brdiri sendiri, tdk trjadi tiba2 sebab ada investasi perjuangan yg panjang & byk org sgt berjasa” Adian Napitupulu #MN

“Kemarahan kita terhadap orde baru sudah sgt luar biasa, Suyat slh satu tmn saya hilang & hingga saat ini dia blm plg” Adian Napitupulu #MN

“Kita sring bicarakn ingin Negara spti apa. Stlah 16 thn itu tdk trwujud. Sya mrasa brslah, sya yg hidup hrsnya mampu” Adian Napitupulu #MN

Telah hadir di studio Mata Najwa, mahasiswi Trisakti korban penembakan saat reformasi 98, Rizky Rahmawati Pasaribu. #MN

“Saat foto ini muncul di Kompas 13 Mei 1998, saat ketemu tmn2 mereka tidak percaya saya masih hidup” Rizky R. Pasaribu #MN

“Sore hari sblum kejadian, kami bersiap bubar. Saat hendak lari ada suara tembakan kemudian saya tdk sadar lg” Rizky R. Pasaribu #MN

“Saya sadar spti dlm diri & otak saya menyebut Allahuakbar, stelah itu saya mendengar lg suara di sekeliling saya” Rizky R. Pasaribu #MN

“Kepala saya luka, sebagian rambut saya penuh darah, baju dan jaket saya juga ternyata udah berdarah” Rizky R. Pasaribu #MN

“Setelah di Polda baru tahu kalau luka itu karena terserempet peluru karet” Rizky R. Pasaribu #MN

“Tmn2 saya brcerita mereka disiksa, kalau saya bntuk siksaannya memang dikasarin & luka diobatin dgn disiram alkohol” Rizky R. Pasaribu #MN

Telah Hadir di studio Mata Najwa Mantan Aktivis KB UI yg kini menjadi politikus partai Golkar, @IndraJPiliang #MN

“Sya mncatat buku harian sejak msk UI jd sya kenal betul Fahri Hamzah, Fadli Zon, Anies Baswedan & Eep Saefullah Fatah” Indra J Piliang #MN

“Saat itu kita kekurangan informasi, kadang2 tau informasi dr TV namun kita lihat tdk benar antara berita & yg terjadi” Indra J Piliang #MN

“Sumber berita itu rumor, apalg ktika tekanan sosial politik menguat lalu kita harus mendengar, menginterpretasi keadaan” @Fahrihamzah #MN

Telah hadir di studio Mata Najwa penulis buku politik Huru Hara Mei 98 dan Waketum Partai Gerindra, @fadlizon #MN

“Saya satu fakultas dgn Indra Piliang, kita sama2 demonstrasi dr thn 92, cuma saya lbh cpt demonstrasinya 95 sdh selesai” Fadli Zon #MN

“Saya memimpin tempat dialog antara sipil & militer, di situ saya ketemu dgn tokoh2 militer kemudian jd dekat dgn mereka” Fadli Zon #MN

“Niat reformasi itu sgt bagus, saya kira saya trmasuk yg wktu itu mau mencantumkan kata demokratis di dlm GBHN saja diserang” Fadli Zon #MN

“Kita sgt mendukung reformasi bahkan saya undang kawan BEM saat April 98 utk membicarkan agenda reformasi pd saat itu apa” Fadli Zon #MN

“Ktika itu dmonstrasi mhasiswa blm tahu arti reformasi. Smpai pristiwa Trisakti, org tau reformasi a/ Soeharto hrs dturunkan” Fadli Zon #MN

“Ini jadinya hanya pergantian rezim tetapi substansinya tdk” Fadli Zon #MN

“Tujuan reformasi jauh lbh dasar dari itu, jauh lbh substantif dari diturunkannya Pak Soeharto” Indra J Piliang #MN

“Yang ingin kita lakukan saat itu adalah satu program jangka panjang yg bersifat ideologis” @IndraJPiliang #MN

“Dlm catatan saya saat Mei mulai jatuh peluru2, menurut saya peluru2 ini menjatuhkn Pak Soeharto bkn gerakan mahasiswa” Indra J Piliang #MN

“Menurut saya, kalau tdk ada peristiwa Trisakti Pak Harto tdk akan terguling dan tdk akan terjadi satu huru hara” Fadli Zon #MN

“Saat Pak Harto turun ada suasana agak sedih krna kok cepat skali. Kita mau melawan 2 thn, gak smpai 2 minggu udh jatuh” Indra J Pilian #MN

“Kami para orgtua brhrap ada pnuntasan kasus ini. Sdh 16 thn klihatannya blm ada niat pmerintah u/ menuntaskannya” Teti ibu alm Elang M #MN

“Kami, ke empat orgtua sudah mulai ikhlas karena percaya anak kami sdh tenang di sisi Allah” Teti Ibunda alm Elang M #MN

“Saya memantau kasus ini, tp kalau tdk ada tokoh rekonsiliatif ditingkat nasional, masalah masa lalu tdk disentuh” Fahri Hamzah #MN

“Hrs jd kputusan politik Presiden trpilih agar menyelesaikan pristiwa apapun &buat bangsa tdk punya beban terbang kedepan” @FahriHamzah #MN

“Kami di Dewan trs menekan tp ttp tidak bisa karna hrs ada tokoh rekonsiliatif yg bisa menyerap semua masalah bangsa kita” Fahri Hamzah #MN

“Satu hal kesalahan kita dulu sehingga sampai saat ini pun menurut saya yg berkuasa ttp bagian dr masalalu” Adian Napitupulu #MN

“Saya tdk lihat ada itikad baik. Politisi, partai menikmati posisi mereka skrg yg dibangun di atas darah anak2 ibu” Adian Napitupulu #MN

“Menyakitkan buat saya pelaku pnculikan naik pangkat. Artinya negara tdk punya niat baik mengungkap yg brtanggung jwb” Adian Napitupulu #MN

“Tdk mungkin negara kt bangun di atas kbohongan pristiwa demi pristiwa, di atas ketdkjujuran masa lalu & sejarahnya” Adian Napitupulu #MN

“Penangkapan tanpa surat lalu dikembalikan berbulan2 tanpa surat persidangan, tanpa proses peradilan itu penculikan” Adian Napitupulu #MN

Spti apa pemimpin yg diharapkan @FahriHamzah @AdianNapitupulu @FadliZon @IndraJPiliang ?

“Harus ada pemimpin yg jiwanya bsr, jiwanya luas memberi ksempatan pd org lain hadir di tengah kita utk menyelesaikan ini” @FahriHamzah #MN

“Presiden berikutnya itu dia berani mengambil keputusan, tegas, cepat. Dan semuanya cuma ada di Jokowi” @AdianNapitupul #MN

“Tanyakan pada masyarakat, pemimpin spti apa yg diharapkan. Pemimpin yg jujur, cerdas, tegas dlm mengambil keputusan” @FadliZon #MN

“Pemimpin itu pasti tdk ada yg sempurna. Tidak hanya pemimpin, semua pasti punya ikatan masalalu” Fadli Zon #MN

“Saya kedepan akan mendukung org yg menyelesaikan masalah bukan meratapi masalah” @FahriHamzah #MN

“Kalau ada bukti aktor intelektual yg trlibat kasus org hilang, diajukan saja di sidangkan, tp skrg ini selalu rumor & rumor” Fadli Zon #MN

“Kasus2 yg kini brkembang spti org hilang smuanya fitnah yg dijadikan alat politik yg diungkip stiap 5 thn, fitnah rutin ini” @fadlizon #MN

“Dlm teori intimidasi kalau mengajak org ikut, berikan 2 hal sekaligus ancaman & tawaran. Berikan brsamaan psti ikut” @AdianNapitupulu #MN

“Dlm bahas politik kalau udh gak nyatu lagi ya sudah semua bisa jadi sumber persoalan” @IndraJPiliang #MN

“Saya berharap kita membangun negara dgn pemimpin muda yg fresh” @AdianNapitupulu #MN

“Dprlukan org yg mengoreksi mndiskusikan sistem transisi ini stlah itu Indonesia akan running sbg negara demokrasi hebat” @FahriHamzah #MN

Dalam episode ELEGI REFORMASI kami menghadirkan sastrawan Taufik Ismail membacakan syairnya. #MN

“Dahulu, negeri ini penduduknya serasi dgn kedamaian, ciri utama yg tampak adlah kesederhanaan” Syair Taufik Ismail #MN

“Dahulu, Pemimpinnya jujur dan ikhlas memperjuangkan kemerdekaan” Taufik Ismail #MN

“Kita dikenal karna korupsi. Di China koruptor dpotong kepala, di Arab dpotong tangan, di Indonesia dpotong masa tahanan” Taufik Ismail #MN

“Kemudian kita bertanya, masih adakah org jujur, waras, berakhlak, ikhlas, di negeri kita, masih adakah?” Taufik Ismail #MN

“Tak ada cerita putus asa. Kita tak akan angkat tangan menyerah kalah. Ibaratnya perang ini hrs kita menangkan” Taufik Ismail #MN

“Masih adakah harapan bagi kita bangsa Indonesia, masih adakah? Alhamdulillah msh ada, karena ada nur memancar” Taufik Ismail #MN

“Alhamdulillah msh ada org jujur, waras, berakhlak dan ikhlas, msh byk diantara kita” Taufik Ismail #MN

“Ya Allah beri mereka ksempatan muncul brsma menyembuhkan penyakit demokrasi serba uang, tamak, serakah & kebablasan ini” Taufik Ismail #MN

Terima kasih sudah menonton eps ELEGI REFORMASI. Ditunggu kritik dan sarannya..🙂

Leave a Reply

