Pengacara Cari Perkara di Mata Najwa


Selamat malam selamat datang di @MataNajwa. Saya Najwa Shihab, tuan rumah Mata Najwa. #MN
1. Kisah dunia pengacara di Indonesia, pendamping bagi si kaya dan si papa. #MN
2. Berjuta kasus hukum meminta pembela, pengacara datang siap berperkara & beracara. #MN
3. Profesi yang menawarkan akses keadilan, di tengah kepastian hukum yang berantakan. #MN
4. Ada pengacara yang menolak klien karena materi, ada yang ikhlas berprofesi untuk mengabdi. #MN
5. Sesama profesi berkompetisi luar biasa, sebab terbiasa dinilai menang atau kalah. #MN
Inilah Mata Najwa, PENGACARA CARI PERKARA. #MN
Telah hadir di Studio Mata Najwa Advokat Ketua Tim Pembela Muslim M. Mahendradatta. #MN
“Yang benar adalah saya pengacara tindak pidana terorisme. Kalau pengacara teroris sudah merujuk pd orang” Mahendradatta #MN
“Hukum kita tidak pernah menghukum dari orangnya, tapi perbuatannya” Mahendradatta #MN
“Saya tdk pernah menawarkan diri, apalagi utk sesuatu yg tdk ada bayarannya. Itu namanya bener2 cari perkara” Mahendradatta #MN
“Mau dibayar siapa. Sepeser pun tdk dibayar termasuk tiket pesawat, akomodasi semuanya bayar sendiri” Mahendradatta #MN
“Tekor padahal, tapi ada keterpanggilan pd saya dan kawan2 untuk membela dia (para teroris Bom Bali)” Mahendradatta #MN
“Padahal pada saat itu riskan sekali, dan saya merasakan resikonya. Klien2 banyak yg memutus kontrak” Mahendradatta #MN
“Saat itu perbuatan bom Bali mendunia. Jadi orang yg inform di bom Bali itu dianggap berbahaya” Mahendradatta #MN
“Resiko yg kedua, saya harus bersidang di tmpt banyak para korbannya. Dan dlm persidangan tdk dijaga aparat” Mahendradatta #MN
“Dua anggota kami ada yang dilempar telur dan ada yg kena pukul” Mahendradatta #MN
“Tidak menyangka. Sy fikir sudah pd dewasa ternyata belum. Yasudah gpp, kan sudah keburu jalan” Mahendradatta #MN
“Saya berangkat dr Amerika. Di Amerika, org memisahkan antara pekerjaan dgn sikap pribadinya” Mahendradatta #MN
“Sbgai pembelaan saya serahkan pd mereka. Mereka blh melakukan pembelaan di persidangan. Sy hanya alur peristiwanya” Mahendradatta #MN
“Kalo bicara tafsiran thdp agama islam, bkn wilayah kami. Biarkan jd wilayahnya dg ulama lain. Soal hukum, siap berdebat” Mahendradatta #MN
“Tdk ada pengakuan. Kalau ditanya apakah mereka pelakunya, saya katakan tdk. Ini keyakinan hukum” Mahendradatta #MN
“Yg saya sampaikan, saya tanyakan jg apa kamu yg melakukan. Jawabnya: udahlah Pak biar sy saja yg dituduh” Mahendradatta #MN
“Panggilan sy utk menegakkan keadilan adlh di Pengadilan, bgm saya bisa menegakan keadilan jika saya di jalanan” Mahendradatta #MN
“Kalau dia DPO saya akan menghimbau tdk akan ikut menangkap, saya kan bkn agen ganda” Mahendradatta #MN
“Prinsipnya yg penting jgn mengkhianati klien krn kpd pengacara dia menyerahkan amanahnya, kalau gak mau jgn terima” Mahendradatta #MN
Telah hadir di studio Mata Najwa Advokat David Maruhum Lumban Tobing. #MN
“Masyarakat mengenalnya begitu, walaupun saya tidak menganggap ahli ataupun spesialis di bidang perlindungan konsumen” David Tobing #MN
“Ibarat roda, saya sedang kmbali ke tahun 1994 saat di LBH Jakarta yg byk bersentuhan dg masyarakat awam” David Tobing #MN
“Bermula kasus kehilangan mobil di tmpt parkir. Saya agak nekat krn dr 4 perkara yg saya cek ke pengadilan kalah, ditolak” David Tobing #MN
“Keyakinan saya harus dicoba. Krna thn 1999 ada UU Perlindungan Konsumen. Akhirnya menang & diganti uang kehilangan mobil” David Tobing #MN
“Pengalaman saya sebagai konsumen dirugikan. Seribu rupiah itu saya yg mengalami & saya jg yang menggugat” David Tobing #MN
“Bkn seribu yg dicapai. Saat menggugat dibantu publikasi media, Gubernur perintahkan pengelola parkir turunkan harga” David Tobing #MN
“2007 sy mengalami delay pesawat. Saat itu sy lihat masy pasrah. Akhirnya sy gugat senilai gnt tiket beli tiket peswat lain”David Tobing #MN
“UU Perlindungan Konsumen dgn UU Penerbangan jelas bahwa maskapai penerbangan tdk blh tdk brtanggungjwb pd keterlambatan” David Tobing #MN
“Stelah gugatan menang, Menteri Perhubungan keluarkan Permenhub mewajibkan maskapai yg pesawatnya delay u/ brtanggungjwb” David Tobing #MN
“Kita sudah punya UU lambang garuda thn 2009 itu jelas diatur lambang Garuda bisa digunakan di mana saja” David Tobing #MN
“Niatnya cari kebenaran atau menunjukan bahwa kita punya UU ya ditaatilah. Saya yakin benar krna UU mengatakan demikian” David Tobing #MN
Telah hadir di studio Mata Najwa Advokat Elza Syarief. #MN
“Sudah cukup lama saya menangani kasus di perusahan Tommy Soeharto. Karena saya spesialisasi perbankan dan masalah tanah” Elza Syarief #MN
“Saya second opinion saja tp Mas Tommy percaya saya, mungkin krna perempuan, teliti. Wktu PK sy diminta khusus menangani” Elza Syarief #MN
“Sejak pegang kasus Tommy saat itu seolah2 dia enemy public & itu resiko saya, bahkan kalangan lawyer ada jealous kpd saya” Elza Syarief #MN
“Yg dikatakan Nazaruddin kan terbukti, dan saya percaya. Krna itu saya slalu dampingi dia utk kuat katakan yg sebenarnya” Elza Syarief #MN
“Sgt penting, supaya bisa memberikan arahan atau nasihat2 yang tepat utk bgm dia harus bersikap dan melangkah” Elza Syarief #MN
“Tdk ada perebutan. Dari awal Nazaruddin sudah minta tolong saya. Tp wktu dia buron, saya tidak mau melawan hukum” Elza Syarief #MN
“Nazaruddin tidak ada uangnya malah saya yang keluar uang. Dlm laporan keuangan, uang saya terpakai hampir 600juta” Elza Syarief #MN
“Caranya jangan minta yang tinggi2. Dlm hidup memang org butuh uang. Tp uang bukan semata-mata bagi saya” Elza Syarief #MN
“Enggak ada jam-jaman. Karena kalau bayar per jam, gak kuat orang bayar saya” Elza Syarief #MN
“Prinsip saya membantu orang, jadi tdk boleh membeda-bedakan pejabat, pengusaha, org tdk punya, artis, jd harus sama” Elza Syarief #MN
“Kasus saya banyak yg gak bayar. Sprti skrg saya menangani kasus pedagang pasar di Mesuji, mana mungkin itu bayar” Elza Syarief #MN
“Org itu dasar hukumnya benar, org itu memang teraniaya dan dia pantas dibantu, ya saya bantu” Elza Syarief #MN
“Saya senang lihat orang tersenyum karena saya bantu” Elza Syarief #MN
Telah hadir di studio Mata Najwa Direktur LBH Lampung Wahrul Fauzi. #MN
“Saat itu LBH miskin, tdk ada uang ada hutang malah. Sy volunteer, masih mahasiswa, kesadaran saya saja bersihkan kantor” Wahrul Fauzi #MN
“Saya nginap di kantor. Kerja di LBH 24 jam. Tengah mlm klien berdatangan. Kita bantu org2 yg dipastikan dpt perlindungan” Wahrul Fauzi #MN
“Kadang saat mereka tdk panen. Mereka datang ke kantor butuh waktu 7 jam. Tidak mungkin kita rela utk meminta bayaran” Wahrul Fauzi #MN
“Walau bernaung di LBHI tp tdk ada yg bantu. Jd kita sepakat dgn para petani kumpulkan seribu sebulan utk hidupkan LBH” Wahrul Fauzi #MN
“Hampir tiap hari diteror. Cara lembut jg ada, misalnya memanggil tiba2 ada pihak lain yg lg berperkara & keluarkan uang” Wahrul Fauzi #MN
“Keyakinan & melihat teman2 yg selalu bersentuhan dgn rakyat/petani, Insya Allah mudah2an sy terus dsna” Wahrul Fauzi #MN
Bagaimana jika ke empat advokat yang beda penanganan kasus ini disatukan dalam satu meja. Setelah HL berikut. Tetap di @Metro_TV
“Kalau lihat sendiri sulit krn mafia terselubung. Apa itu dr polisi, jaksa, hakim, atau dr advokat, itu benar2 tersembunyi” Elza Syarief #MN
“Waktu kasus saya, beberapa kali saya dijadikan tersangka. Dan itu klien saya ditekan agar melaporkan saya” Elza Syarief #MN
“Utk apa (menyuap), itu kerjaan sulit. Saya orgnya terus terang. Sedangkan itu hrs sembunyi, rapi. Perasaan jd tdk enak” Elza Syarief #MN
“Saya tidak mau munafik, memang ada karena bisa dirasakan, tp sulit dilihat soal mafia ini” Mahendradatta #MN
“Bisa dilihat dari hasil putusan-putusannya, kadang2 ajaib. Jd pertimbangannya kemana, putusan hukumnya apa” Mahendradatta #MN
“Perkara sy urusan konsumen gak perlu mafia. Pengadilan menangkan perkara kecil, kalau perkara besar lain cerita” David Tobing #MN
“Gak ada maling ngaku. Skenarionya rapi. Mereka sgt intens lakukan praktek2 spti itu dr mulai persidangan jg terlihat” Wahrul Fauzi #MN
“Gak boleh tahu tarif. Kalau bisnis tentu ada saatnya harus banting harga, kalau lagi sepi ya banting harga” Mahendradatta #MN
“Jgn dipatok, kasihan. Kalau org gak mampu atau punya hubungan sodara dan dia punya dasar hukum kuat lalu minta tolong” Mahendradatta #MN
“Kita lihat, lagi sepi atau lagi ramai. Jujur saja, kalau lagi ramai berarti mahal. Alhamdulillah saya selalu ramai” Mahendradatta #MN
“Di website kantor tarif sy 300 dollar per jam u/ perkara korporasi. Tp 30% utk masyarakat tdk mampu atau probono” David Tobing #MN
“Paling habis sidang dikasih kol, jagung, ayam” Wahrul Fauzi #MN
“Pernah dikasih padi satu mobil, tp kita hny ambil sekarung. Jika semua diambil, salahi etika” Wahrul Fauzi #MN
“Artinya ada batasan yg kita terima kalau bicara tarif. Krn harusnya bkn pengacara yg cari perkara tp perkara yg cari kita” Wahrul Fauzi #MN
“Ngapain iri, kami menikmati dan mensyukuri kerja-kerja perjuangan kami” Wahrul Fauzi #MN
“Sy menghindari kasus narkoba dan korupsi. Saya kebetulan mengambil pihak di antikorupsi” Mahendradatta #MN
“Pengacara harus berpihak & saya berpihak kpd KPK ataupun antikorupsi. Apapun yg dilakukan KPK hrs di-back up” Mahendradatta #MN
“Tdk ada kasus yg saya hindari. Yg terpenting utk saya klien tersebut jujur atau tdk jujur” Elza Syarief #MN
“Kasus yg saya tdk suka adalah kasus perkosaan karena saya perempuan, saya ngeri dan merasa sakit saja” Elza Syarief #MN
“Sejak dulu sampai sekarang blm pernah tangani kasus korupsi dan sejak 2004 makin gak mau karena bertetangga dgn ICW” David Tobing #MN
“Kenyataan di negeri ini, terutama di Jakarta byk kasus hukum yg menjerat org miskin” Advokat Probono Tumpal Hutabarat #MN
“Kami pengacara yg tergolong pengacara yg miskin tp harga diri kami tdk akan jatuh karena itu” Advokat Probono Tumpal Hutabarat #MN
“Beda segmentasi. Kami dsni pengambdian utk org miskin mereka dsna utk menambakkan materi” Advokat Probono Tumpal Hutabarat #MN
“Yg saya bela adlh org miskin, artinya selesai sidang hanya dpt uang transport, paling tinggi 100ribu” Advokat Probono Tumpal Hutabarat #MN
CATATAN NAJWA #MN
1. Dalam setiap hukum yang tak adil, pengacara turut pula memberi andil. #MN
2. Setiap hukum yang dipakai menindas, pengacara seharusnya hadir mewakili tertindas. #MN
3. Membela mereka yang dinista penguasa, mewakili mereka yang tak bisa bersuara. #MN
4. Pengacara berdaya menegakkan hukum , ketika negara hanya kekuasaan belaka. #MN
5. Tapi laku pengacara ideal hanya bisa tercipta, jika mereka hidup dalam keseimbangan rasa. #MN
6. Tak hanya mengejar materi semata, tapi peduli keadilan bagi kaum lemah. #MN
7. Mencari nafkah dengan martabat tinggi, bangga terhadap profesi sehingga tak terbeli. #MN

 

One thought on “Pengacara Cari Perkara di Mata Najwa

  1. <<<>>>

    SELAMAT SIANG BOS..
    Apakah anda seorang poker mania??
    Jika iya,buruan yuk gabung bersama kami di mentaripoker.c0m..
    Mentaripoker.c0m mulai deposit & withdraw min idr Rp.50.000
    Di mentaripoker.c0m deposit & withdraw hanya butuh waktu 2menit saja
    Di mentaripoker.c0m telah memiliki design yang sangat bagus dan bukan hanya itu saja di mentaripoker.c0m telah menggunakan teknologi yang sangat canggih sehingga pemain bisa bermain dengan tenang karena mentaripoker bebas yang namanya BOT , CHEAT & ADMIN TAPI PLAYER Vs PLAYER..!!!
    Dan bukan hanya itu saja di mentaripoker anda tidak perlu membeli jackpot otomatis anda sudah bisa mendapatkan nya apabila anda mendapatkan kartu seperti FULL HOUSE , FOUR OF KIND , STRAIGHT FLUSH & ROYAL FLUSH..
    Jadi tunggu apa lagi??buruan yuk bergabung sekarang juga dan jangan lupa untuk segera mengajak teman-teman nya tentu nya pasti akan mendapatkan komisi referral sebesar 20% dan akan dibagikan setiap minggu nya..
    Thanks

Leave a Reply

