Selusin Film yang Diputar dalam Festival Cannes 2015


Festival film Cannes ke-58 telah dibuka dengan menampilkan film drama Prancis karya Emmanuelle Bercot berjudul La Tete Haute (Standing Tall).

Festival film Cannes ke-58 telah dibuka dengan menampilkan film drama Prancis karya Emmanuelle Bercot berjudul La Tete HauteBercot adalah sutradara perempuan pertama untuk membuka acara tersebut sejak Diane Kurys pada 1987.

Dewan juri tahun ini dipimpin oleh Coen bersaudara dan anggotanya termasuk Sienna Miller serta Jake Gyllenhaal.

Sebanyak 19 film akan memperebutkan penghargaan film terbaik dan meraih piala bergengsi Palme d’Or. Ini adalah beberapa film yang akan diputar dalam festival tersebut.

Amy. Sutradara: Asif Kapadia

Amy. Sutradara Asif KapadiaFilm dokumenter karya Asif Kapadia tentang mendiang penyanyi Amy Winehouse diberi judul sederhana Amy.

Film itu kini menuai kontroversi karena setelah dibuat dengan bantuan keluarga Winehouse yang menggunakan video keluarga, sang ayah, Mitch, berpendapat film tersebut memberi gambaran salah tentang putrinya yang meninggal saat berusia 27 tahun pada 2011.

Film ini akan diputar pada pertunjukan spesial tengah malam di Cannes. Dan bila dilihat dari cuplikan yang muncul pada awal tahun, film Amy akan membangkitkan kenangan tentang bakat musik menakjubkan dan kepribadian dinamis Amy Winehouse.

Kapadia sendiri dikenal sebagai pembuat film dokumenter tentang mendiang pembalap F1 Ayrton Senna. Film tersebut memenangi penghargaan Bafta.

Carol. Sutradara: Todd Haynes

Carol. Sutradara= Todd Haynes

Dibuat berdasarkan novel berjudul The Price of Salt karangan Patricia Highsmith, film Carol berlokasi di New York era 1950-an dan menceritakan kisah seorang gadis muda penjaga kasir yang jatuh cinta dengan seorang perempuan yang lebih tua dan telah menikah.

Film ini dibintangi Rooney Mara, yang tampil dalam The Girl with the Dragon Tattoo, dan peraih Oscar, Cate Blanchett.

Novel tersebut dianggap sangat kontroversial ketika diterbitkan pada era 1950-an karena tema ceritanya mengenai lesbian. Namun sekarang dianggap karya terobosan.

Sutradara Haynes sebelumnya pernah bekerja dengan Blanchett dalam film I’m Not There (2007).

Inside Out. Sutradara: Peter Docter

Inside Out. Sutradara= Peter Docter

Film terbaru Pixar ini tidak masuk kompetisi namun akan ditampilkan untuk pertama kalinya pada Cannes 2015.

Cerita film ini berpusat pada isi pikiran seorang gadis kecil. Di dalamnya tinggal lima perasaan – Bahagia, Marah, Jijik, Takut dan Sedih – yang berupaya menuntun sang gadis melalui kehidupan.

Pengisi suara film ini, antara lain Amy Poehler, Bill Hader dan Mindy Kaling.

Sutradara Peter Docter sebelumnya pernah menyutradarai Monsters Inc dan Upyang meraih pujian kritikus dan kesuksesan box office.

Film ini akan didahului film pendek berjudul Lava – sebuah kisah cinta musical karya James Ford Murphy dan terinspirasi oleh pulau tropis serta gunung berapi.

Irrational Man. Sutradara: Woody Allen

Irrational Man. Sutradara= Woody Allen

Bukan rahasia lagi, Cannes sangat mencintai Woody Allen.

Film terbarunya, Irrational Man, dibintangi oleh Joaquin Phoenix dan Emma Stone. Phoenix memerankan dosen filosofi yang mengalami krisis eksistensi, sedangkan Stone berperan sebagai mahasiswi yang memberikannya keinginan hidup.

Stone tampak gemar bekerja sama dengan sutradara veteran tersebut setelah membintangi film karya Allen lainya, Magic in the Moonlight (2014). Karier Allen sebagai sutradara tidak selalu diterima baik oleh kritikus, namun filmnya Blue Jasmine yang dilakoni Cate Blanchett menuai sukses.

To Rome with Love dan Fading Gigolo adalah beberapa judul film Allen yang tidak bernasib baik.

The Lobster. Sutradara: Yorgos Lanthimos

The Lobster. Sutradara= Yorgos Lanthimos

Sutradara asal Yunani Yorgos Lanthimos telah merasakan sukses melalui drama gelapnya, Dogtooth, yang memenangi penghargaan Un Certain Regard pada festival Cannes 2009. Film barunya, The Lobster, bersaing untuk mendapatkan penghargaan tertinggi tahun ini.

Bertempat di masa depan yang suram, film itu mengisahkan bagaimana orang-orang kesepian diharuskan menemukan pasangan mereka dalam kurun 45 hari di hotel. Bila gagal mereka akan berubah menjadi binatang dan ditempatkan di hutan.

Film yang dibuat di Irlandia itu dibintangi antara lain Colin Farrell, Rachel Weisz, Ben Whishaw, Olivia Colman dan John C Reilly.

Macbeth. Sutradara: Justin Kurzel

Macbeth. Sutradara= Justin Kurzel

Film ini merupakan ajang unjuk kebolehan akting Michael Fassbender sebagai raja Skotlandia. Di film itu dia akan beradu acting dengan Marion Cotillard, David Thewlis dan Paddy Considine.

Film ini disutradarai Justin Kurzel asal Australia yang dikenal melalui filmnyaSnowtown (2011) tentang kasus pembunuhan.

Para aktor dan aktris film itu disebut-sebut akan berbicara menggunakan aksen Skotlandia saat berakting, kecuali Cotillard yang tetap berbicara dengan aksen Prancisnya.

Lokasi penggambilan gambar dilakukan di Skotlandia dan Inggris tahun lalu. Film ini juga akan masuk kompetisi untuk penghargaan Palme d’Or.

Mad Max: Fury Road. Sutradara: George Miller

Mad Max: Fury Road adalah upaya George Miller untuk menghidupkan kembali trilogi Mad Max yang mengangkat Mel Gibson menjadi bintang tenar.

Aktor Inggris Tom Hardy membintangi peran utama yang mengharuskannya melawan geng perampok haus darah dalam setting dunia suram masa depan.

Charlize Theron dan Nicholas Hoult turut membintangi film ini.

Anda dapat melihat mobil-mobil cepat, ledakan-ledakan dan laga aksi mencengangkan.

The Sea of Trees. Sutradara: Gus Van Sant

Film ini dibintangi oleh peraih Oscar, Matthew McConaughey, yang berperan sebagai orang Amerika yang pergi ke “Hutan Bunuh Diri” di kaki Gunung Fuji di Jepang untuk mengakhiri hidupnya. Di sana dia bertemu Ken Watanabe yang berniat sama.

Anda akan menyaksikan kebolehan akting keduanya serta Naomi Watts yang turut berperan dalam film ini.

Van Sant tidak asing dengan festival Cannes. Dia memenangi Palme d’Or untuk film Elephant (2003).

A Tale of Love and Darkness. Sutradara: Natalie Portman

A Tale of Love and Darkness. Sutradara= Natalie Portman

Aktris Natalie Portman memulai debutnya sebagai sutradara dengan film A Tale of Love and Darkness.

Film drama ini dibuat berdasarkan memoar penulis dan wartawan Israel, Amos Oz. Memoarnya itu diterjemahkan dalam 28 bahasa dan telah terjual lebih dari sejuta eksemplar.

Sejak 1967, Oz merupakan pendukung solusi dua negara bagi konflik Israel-Palestina.

Portman, yang juga berperan sebagai ibu Oz, membuat film itu di Jerusalem tahun lalu.

The Tale of Tales. Sutradara: Matteo Garrone

The Tale of Tales. Sutradara= Matteo Garrone

Sutradara asal Italia Matteo Garrona dikenal lewat film gangsternya, Gommorrah(2008). Film tersebut dinominasikan untuk Palme d’Or dan memenangi penghargaan Grand Prix yaitu posisi kedua di festival Cannes.

Pada 2012 dia berkompetisi lagi membawa film Reality yang dirundung kontroversi karena pemeran utamanya, Aniello Arena, ialah mantan gangster yang sedang menjalani hukuman penjara karena tindakan pembunuhan pada 1991.

Film terbaru Garrone yang memanjakan secara visual, The Tale of Tales, merupakan cerita yang lebih berkelas tinggi – sebuah cerita dongeng dibintangi Salma Hayek, John C Reilly, Vincent Cassel, Toby Jones dan Shirley Henderson.

Yakuza Apocalypse. Sutradara: Takashi Miike

Para kritikus menuntut lebih setelah film 2013 Miike berjudul Straw Shield yang dikompetisikan tahun 2013. Film terbarunya, Yakuza Apocalypse, merupakan kisah balas dendam seorang gangster Jepang melawan bosnya yang seorang vampire.

Miike dikenal di dunia Barat dengan film-filmnya yang penuh kekerasan sepertiAudition dan Ichi the Killer.

Penggemar seni bela diri akan mengenali aktor Yayan Ruhian dari film IndonesiaThe Raid (2011) karya Gareth Evans.

Youth. Sutradara: Paolo Sorrentino

Youth. Sutradara= Paolo Sorrentino

Film indah karya Sorrentino, The Grandy Beauty, yang bertempat di pusat keindahan kota Roma, diakui dunia ketika ditampilkan di festival Cannes 2013. Film itu kemudian memenangi penghargaan Oscar untuk kategori film bahasa asing terbaik.

Film terbarunya, Youth, adalah film keduanya yang berbahasa Inggris. Film tersebut dibintangi Michael Caine sebagai konduktor orkestra yang telah pensiun dan diundang untuk tampil di hadapan sang Ratu dan Pangeran Philip.

Film ini juga dibintangi Paul Dano, Rachel Weisz dan Harvey Keitel.

Sumber : BBC Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s