Google & HUT ke-22 Roti Baguette


google-peringati-22-tahun-resminya-simbol-budaya-prancis-baguette

Hari ini, (13/09), netizen bisa melihat logo (doodle) spesial Google yang bergambar seorang koki tengah memanggang roti. Ternyata, logo tersebut merupakan bentuk ucapan selamat Google untuk ulang tahun peresmian Baguette, roti ‘tongkat’ dengan panjang bisa mencapai 1 meter khas Prancis.

Bila Anda melihat bagian atas logo Google itu, terdapat tulisan ‘Decret Pain’, apa itu? Decret Pain adalah aturan pengolahan roti Baguette yang dikeluarkan oleh pemerintah Prancis tanggal 13 September 1993, 22 tahun lalu.

Aturan itu menyebutkan bila para perajin roti Baguette harus mematuhi semua standar pembuatan Baguette, yang paling utama adalah Baguette hanya boleh dibuat dari 4 bahan. Antara lain, tepung gandum, air, garam, dan ragi.

Para pengrajin juga dilarang keras menambahkan bahan pengawet, zat adiktif, atau membekukan Baguette. Alhasil, roti Baguette selalu dikenal dijual ‘fresh-baked’ dan hanya bisa bertahan kurang dari 24 jam.

Kemunculan Decret Pain juga menjadi tanda resminya roti Baguette sebagai simbol budaya Prancis, setelah sebelumnya sering diperdebatkan apakah Baguette asli dari Prancis atau tidak.

Roti khas Perancis yang paling digemari.  via howtofeedaloon.comRoti yang mempunyai bentuk panjang seperti tongkat dan bagian luar renyah ini memang banyak dibuat di negara-negara lain, mulai dari Austria hingga Vietnam. Oleh karena itu, pemerintah Prancis merasa perlu membuat sebuah aturan yang menonjolkan kekhasan Baguette Prancis lewat Decret Pain.

 Sumber : Merdeka.com

One thought on “Google & HUT ke-22 Roti Baguette

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s