10 Rahasia Menggunakan Whatsapp dengan Maksimal


Kalau dulu kita familiar dengan SMS untuk mengirim pesan, sekarang kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk memilih berbagai provider pengirim layanan pesan instan. Kirim pesan tidak lagi susah dan mahal. Asal punya smartphone, kita sudah bisa chat dengan keluarga, teman, rekan bisnis, dan orang-orang terdekat. Mulai dari mau memilih dari segi fitur, jangkauan, kuota, sampai aksesoris lucu, semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Siapa sih yang tidak menggunakan Whatsapp (WA) di jaman sekarang? Tampilannya yang sederhana serta fiturnya yang ngena banget membuat banyak orang lebih nyaman dan akhirnya memilih Whatsapp dibandingkan aplikasi chat lainnya. BTW, kamu sudah menggunakan Whatsapp dengan maksimal belum? Jangan bilang sudah kalau belum tahu 10 rahasia penggunaan Whatsapp ini!

  1. Mau memiringkan atau menebalkan teks? Sekarang di Whatsapp bisa! Bisa strikethroughjuga lho!
001

Udah kayak Microsoft Word aja

Untuk memiringkan teks kamu bisa menulisnya seperti ini:

_teks_

Untuk menebalkan tulis seperti ini:

*teks*

Sementara untuk strikethrough atau tulisan yang dicoret kamu bisa menuliskannya dengan cara seperti ini:

~teks~

Duh pasti ini langsung pada nyoba ya? Bisa dikombinasikan juga lho:

*_teks_*

  1. Sembunyikan fakta kalau kamu menghindari seseorang dengan mengubah pengaturan tanda centang biru
002

Si dia nggak bakal tahu lagi kalau pesannya sudah kamu baca

Biasanya saat pesan kita sudah dibaca akan muncul 2 centang berwarna biru. Nah biar nggak ketahuan kalau kamu sebenarnya sudah baca kamu bisa menyembunyikan tanda biru itu. Caranya buka settings (pengaturan) > account (akun) > privacy (privasi) > read receipt (laporan dibaca). Atau kamu juga bisa menghidupkan airplane mode sebelum membuka chatdan keluar dari chat sebelum mematikan airplane mode.

  1. Jangan biarkan orang-orang kepo tahu dengan mudah kapan kamu melihat WA dengan menyembunyikan”last seen“-mu
003

Nggak akan ada yang tahu kapan terakhir kali kamu membuka WA

Seperti centang dua warna biru, last seen juga sering membuatmu merasa terganggu privasinya. Tapi kini kamu tak perlu khawatir karena kamu cukup masuk ke settings (pengaturan) > account (akun) > privacy (privasi) > last seen (terakhir dilihat).

  1. Menyulap pesan-pesan yang sudah terhapus kembali lagi ke layar percakapan WA-mu
004

Nggak bakal takut lagi kalau nggak sengaja kehapus

Jika kamu secara tidak sengaja menghapus pesan yang sebenarnya ingin kamu simpan pasti kamu akan merasa sangat menyesal. Kalau kamu sudah mengatur backup harian untuk percakapan di WA-mu dan menyinkronkannya dengan Google Drive, maka kamu tak perlu khawatir. Dengan mudah kamu dapat mengembalikan pesan-pesan yang sudah terhapus dengan cara menginstall ulang aplikasi WA yang sudah kamu pasang.

  1. Tak perlu lagi scrollinguntuk menemukan pesan-pesan penting, kini kamu cukup memberikan tanda bintang saja
005

Tinggal di-touch aja bintang di bagian kiri bawah

Ini paling sering kejadian di grup teman sekantor atau grup angkatan di kampus. Karena terlalu banyak candaan, pesan-pesan penting jadi sulit dicari karena harus scrolling panjang sekali. Kini dengan cukup memberi tanda bintang saja, semua pesan-pesan itu akan dengan mudah ketahuan rimbanya dimana. Pesan berbintang ini bisa kamu sortir di menu starred messages yang terdapat di settings (pengaturan).

  1. Sudah punya Whatsapp di desktop komputermu belum? Coba yuk!
006

Nggak ada alasan lagi buka smartphone pas jam kerja

Buka web.whatsapp.com dari browser komputermu. Kemudian dari HPmu, pilih settings (pengaturan) > Whatsapp Web. Setelah itu kamu akan diminta untuk men-scan QR code dari Whatsapp Web yang ada di desktop komputermu. Semudah itu, tapi manfaatnya kamu tetap bisa mendapatkan notifikasi dengan mudah tanpa harus melihat ke smartphone.

  1. Kini Whatsapp bisa mem-broadcastpesan pribadi juga lho, sudah pernah coba?
007

Nggak perlu bikin grup chat lagi

Kamu ingin mengirim pesan yang sama ke sejumlah orang tidak berarti kamu harus membuat grup chat baru, cukup gunakan fitur broadcast saja. Untuk pengguna android, caranya pilihmenu lalu pilih new broadcast (siaran baru).

Sementara untuk pengguna iPhone, temukan tombol broadcast list (daftar siaran) di kiri atas layar chatmu, pilih dan buatlah new list (daftar baru). Dalam waktu seketika, pesanmu akan dikirim ke sejumlah orang sebagai pesan pribadi

  1. Mengirim file dalam bentuk PDF kini tak harus lewat email, Whatsapp pun bisa!
008.png

Enak juga nggak usah buka email

Tak perlu repot-repot menutup jendela Whatsapp kemudian membuka aplikasi emailmu. Kini kamu bisa mengirim file dalam bentuk PDF secara langsung melalui chat Whatsapp.

  1. Cari tahu siapa yang sudah membaca dan kapan membaca pesan yang kamu kirim di grup
009

Ketahuan siapa yang udah baca

Caranya sangat mudah, tekan cukup lama pada pesan yang kamu kirim dan tekan info. Maka kamu akan mengetahui siapa saja teman-temanmu yang sudah membaca pesan dan kapan mereka membacanya.

  1. Gunakan visual reminderuntuk menjawab pesan yang belum sempat kamu balas karena sibuk
010

Swiping dulu aja, balesnya entar

Ketika kamu sedang disibukkan dengan berbagai macam tugas kantor dan hanya sempat membaca pesan tanpa membalasnya. Cukup swiping atau geser pesan tersebut dari kiri ke kanan, maka secara otomatis pesan itu akan ditandai sebagai pesan yang belum dibaca.

Masih ada banyak cara lainnya untuk memaksimal penggunaan Whatsapp yang sudah cukup populer seperti mute pemberitahuan grup, mengatur foto agar tidak langsung ter-download, mengatur message preview, dan mem-backup chat. Udah pernah nyoba semua?

sumber : Jangan Ngaku Kekinian Kalau Belum Tahu 10 Rahasia Menggunakan Whatsapp dengan Maksimal

 

2 thoughts on “10 Rahasia Menggunakan Whatsapp dengan Maksimal

  1. Hi I am so thrilled I found your blog, I really found you by mistake, while I was browsing on Bing for something else, Regardless I am here now and would just like to say many thanks for a marvelous post and a all round thrilling blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the minute but I have book-marked it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the fantastic job.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s