Calon Gubernur ini Soroti Penataan Apartemen


image

VIVA.co.id – Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta yang mengikuti penjaringan di Partai Kebangkitan Bangsa, Trie Sulistiowarni, mengaku  semakin banyak menerima aspirasi menyangkut hunian vertikal di Jakarta. Dia mengkritisi, tren pertumbuhan hunian vertikal yang pesat di Jakarta tidak dibarengi dengan penataan yang baik.

“Problemnya bukan hanya soal ketersediaan lahan, lebih dari itu adalah kebijakan dan kepastian hukum setelah hunian-hunian vertikal tersebut berdiri,” ujar Tri dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Jumat 13 Mei 2016.

Menurutnya, hampir di setiap kawasan hunian vertikal menyisakan masalah yang pelik. Mulai dari soal status kepemilikan, pengelolaan, perhimpunanpenghuni, fasilitas umum dan fasilitas sosial, dan sebagainya.

“Kasus semacam itu bukan hanya terjadi di Kalibata City yang sempat ramai di media massa, tetapi juga di hampir semua hunian vertikal (rumah susun/aparteman),” ujar Perempuan berprofesi notaris dan PPAT ini.

Menurutnya, dari semua kasus tersebut, penghuni cenderung menjadi pihak yang dirugikan. Soal kepemilikan misalnya, sampai sekarang masih sangat banyak hunian vertikal yang belum bisa memberi kepastian status kepemilikan kepada pemiliknya, karena sertifikat yang belum juga terbit.

“Ini kan ironis. Belum lagi soal fasum dan fasos yang ternyata banyak disalahgunakan olehpengembanguntuk mengambil keuntungan, dan banyak lagi masalah-masalah ikutan lainnya,” ujarnya.

Trie mengaku memiliki konsep dalam penataan pembangunan hunian vertikal bila terpilih menjadi gubernur. Dia berjanji akan mengutamakan kepentingan penghuni.

“Dan yang tak kalah pentingnya, jangan sampai pembangunan hunian vertikal, khususnya subsidi yang diberikan oleh Pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah salah sasaran,” katanya.

Sumber : viva.co.id

4 thoughts on “Calon Gubernur ini Soroti Penataan Apartemen

  1. The subsequent time I learn a blog, I hope that it doesnt disappoint me as a lot as this one. I mean, I do know it was my choice to read, however I actually thought youd have one thing attention-grabbing to say. All I hear is a bunch of whining about one thing that you might fix should you werent too busy on the lookout for attention.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s