Trie Sulistiowarni, Cagub : Persoalan Pertanahan DKI Tak Kalah Peliknya Dibanding Banjir dan Macet-


trisulissRMOL. Persoalan pertanahan di DKI Jakarta tak kalah peliknya dibandingkan masalah kemacetan dan banjir yang melanda Ibukota. Perihal ini disampaikan salah satu bakal calon gubernur Jakarta 2017-2022, Trie Sulistiowarni.

Dalam masalah pertanahan ini, papar Trie, salah satu hal yang memprihatinkannya adalah masih banyak tanah milik Pemerintah DKI Jakarta yang belum memiliki sertifikat. Ini juga sering menjadi  masalah konflik atau sengketa pertanahan di DKI.

“Persoalan pertanahan di DKI ini sering menjadi pelik gara-gara banyak mafia tanah yang bermain, dan sering melibatkkan oknum pemerintah. Kalau saya menjadi Gubernur, salah satu concern ,saya adalah melakukan pembenahan masalah pertanahan ini, dan sekaligus memberantas mafia tanah yang bergentayangan,” ujar Trie, di Jakarta, Selasa (17/5).

Munculnya berbagai persoalan tersebut, lanjutnya, kemudian  berujung pada penggusuran seperti kasus pasar ikan Luar Batang yang baru-baru ini terjadi. Itu, terangnya, adalah salah satu imbas dari tidak adanya kepastian kebijakan soal pertanahan di DKI Jakarta.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang tahun 1984 tentu saja sangat paham seluk beluk masalah pertanahan dan pemukiman (perumahan) di DKI. Pasalnya mantan Tenaga Ahli Menteri Perumahan Rakyat ini juga merupakan seorang Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Berkaitan dengan pertanahan ini, Penasehat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah Provinsi DKI ini mengemukakan bahwa Pemerintah mestinya punya keberpihakan kepada rakyat kecil, jangan sekedar main gusur.

“Kalau memang masyarakat sudah menempati tanah milik Negara selama puluhan tahun, seyogyanya diberikan saja kepada masyarakat, dan mereka dibantu untuk mendapatkan Sertifikat melalui program pemerintah yang ada. Karena tanah itu juga memiliki fungsi sosial, tak hanya semata-mata fungsi ekonomi atau bisnis,” ujarnya. [akun/zul] 

Sumber : RMOL Jakarta

Berita terkait : Siap Berantas Mafia Tanah, Notaris Trie Sulistiowarni Maju dalam Pertarungan Pilkada DKI 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s