Google & Suzanne Lenglen 117th Birthday


KOMPAS.com – Halaman utama Google pada Selasa (24/5/2016) dihiasi dengan doodle untuk memperingati hari ulang tahun ke-117 dari petenis wanita asal Perancis, Suzanne Lenglen.

Google membuat animasi gerakan Suzanne Lenglen yang sedang bermain tenis. Latar belakang doodle ini didominasi dengan warna dasar hijau, seperti lapangan rumput tenis. Di bagian belakang terdapat tulisan Google.

Siapa sebenarnya Suzanne Lenglen yang dijadikan Google Doodle hari ini?

Jika mendengar soal tenis wanita, siapa yang ada di benak Anda saat ini? Sebagian besar dari Anda, mungkin, akan menyebut nama Serena Williams atau Maria Sharapova. Nah, Suzanne Lenglen itu bisa dikatakan salah satu juara tenis yang paling berpengaruh, jauh sebelum dua petenis wanita tersebut.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mirror, selama karirnya, dari 1914 hingga 1926, Suzanne Lenglen berhasil mendapatkan 31 gelar kejuaraan dan mendominasi dunia tenis wanita.

Petenis flamboyan ini dinobatkan menjadi selebrita wanita tenis pertama. Gayanya yang keras bahkan mampu mengubah dunia olahraga tenis kala itu.

“Dia meruntuhkan batasan melalui permainannya yang penuh gairah, pakaian yang tidak tradisional, dan cara berdiri yang melawan formalitas olahraga tersebut,” tulis Google.

Pada tahun 1925, Suzanne Lenglen membintangi film bisu pendek mengenai cara bermain tenis.

Karir Suzanne Lenglen harus berakhir pada tahun 1938. Petenis wanita yang disegani itu berhenti karena penyakit leukemia yang dideritanya. Tiga minggu setelah didiagnosa, ia menjadi buta.

Suzanne Lenglen meninggal pada 4 Juli 1938. 1)

Bintang.com, Jakarta Sebagai bentuk penghormatan, Google mempersembahkan Doodle untuk Suzanne Lenglen pada Selasa (24/5). Bukan tanpa alasan, jika sang petenis perempuan masih hidup, tepat hari ini ia akan merayakan ulang tahun ke-117. Karena dikenal sebagai salah satu figur yang berpengaruh, kamu jangan sampai tak tahu sejumlah fakta tentang Suzanne Lenglen berikut, menurut Mirror.

Menuju puncak karier dengan begitu cepat. Ketika banyak pemain tenis yang harus menjalani proses panjang untuk sampai ke puncak karier, Suzanne hanya butuh waktu kurang dari 5 tahun. Karena itu, ia pun dikenal sebagai pemenang kejuaraan tenis paling muda.

Nama Suzanne mendominasi kejuaraan. Selama karier profesionalnya, yakni pada rentang 1914 hingga 1924, ia berhasil kampiun dengan 31 gelar. Raihan itu otomatis membuat namanya jadi yang paling mendominasi di dunia tenis perempuan.

Jadi petenis perempuan pertama yang terkenal. Akibat pencapaian yang luar biasa, nama Suzanne mulai banyak dikenal publik, bahkan oleh mereka yang tak terlalu menyukai tenis. Di samping melambungkan citra Suzanne, ia pun membuktikan bahwa perempuan juga bisa mendominasi di dunia olahraga.

Pernah terlibat dalam film. Karier yang begitu gemilang di usia belia membuat Suzanne dilirik oleh sejumlah penggiat film. Berbuah hasil, pada 1925 Suzanne bermain dalam sebuah film bisu, How I Play Tennis, di mana rekam gambar itu berisikan tata cara bermain tenis dengan benar.

Tutup usia di tahun 1938. Sayangnya, Suzanne Lenglen didiagnosa mengidap leukimia pada Juni 1938 dan jadi buta 3 minggu setelahnya. Berdasarkan pemberitaan kala itu, Suzanne menghembuskan napas terakhir pada 4 Juli 1938. 2)

1) kompas.com
2) bintang.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s