Google & HUT Taman Nasional Komodo ke-37


Ada yang berbeda saat pengguna berselancar menggunakan mesin pencari Google. Logo khas warna-warni Google berganti dengan gambar animasi Komodo. Ada apa?
Usut punya usut, ternyata Google menyambut hari jadi Taman Nasional Komodo yang ke-37.  Google Doodle, begitu fitur ini disebut mengajak pengguna untuk menjawab pertanyaan seputar keberadaan hewan purbakala tersebut.
Misalnya, apakah Komodo termasuk hewan kadal terbesar di dunia? atau Komodo termasuk hewan jinak dan ramah?
Sekedar diketahui, Lokasi Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil.

Komodo merupakan golongan kadal terbesar. Hewan ini dapat mencium mangsa hingga jarak 10 kilometer menggunakan lidahnaya yang bercabang. Kecepatan lari komodo ini memang tak seberapa dibanding dengan kuda. Menempuh jarak 20km paling cepat ditempuh dalam waktu 1 jam.
Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Di sana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. B

SUMBER : CNN Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s