Tentang Alexa Rank dan Toolbar Alexa


alexa-rankAlexa Internet, Inc. adalah perusahaan berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya.

Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.

Dari Alexa Toolbar itulah, Alexa menghimpun data-data lalu lintas web yang sedang dikunjungi oleh pengguna dan pada akhirnya data-data tersebut dipergunakan oleh Alexa untuk membuat statistik peringkat / rangking lalu lintas untuk situs web.

Apakah Alexa Toolbar termasuk Spyware ?

Sekalipun Alexa dengan tegas membantah bahwa Alexa Toolbar bukan spyware tetapi menurut saya, Alexa Toolbar tetap merupakan software Spyware!!! Spyware yang tidak jahat (walau Alexa berdalih bahwa memasang Alexa Toolbar atas dasar suka sama suka alias tanpa ada paksaan… wkwkwk..) Sebab dalam kerjanya, Alexa Toolbar akan memantau atau memata-matai lalu lintas web yang sedang dikunjungi oleh pengguna dan mengirimkan data hasil pantauannya ke sistem servernya.

Pengguna tidak tau persis data-data apa saja yang dihimpun secara sembunyi oleh Alexa Toolbar yang konon katanya hanya untuk membuat rangking situs web yang menjadi anggotanya. Berikut petikan bantahan Alexa tentang apakah Alexa Toolbar termasuk Spyware.

Is the Alexa Toolbar spyware? No, the Alexa Toolbar is not spyware. Spyware is defined as hidden software that is installed on your computer without your knowledge. It generally collects your personal information for advertising purposes, and provides you with no value in return. If you would like a more complete definition of the term spyware, please see http://www.webopedia.com/TERM/s/spyware.html.

The Alexa Toolbar is only installed when a user chooses to download it – it is not installed without your knowledge. The Toolbar is not hidden, it is prominently displayed at the top of your browser. In order to fill the Toolbar with relevant information, the URL of the page you’re on is transmitted to us and we return related information for that page. We have an easily accessed privacy policy which is presented at the time of download and in the Alexa drop down menu in your Toolbar. The Alexa Toolbar can be turned off at any time. Turning the Toolbar off prevents any information from being transmitted to us.

Alexa never attempts to identify individual users, and you are not required to enter any personal information to use the Toolbar.

If you feel that the features of the Alexa Toolbar are not of value to you, the Toolbar is easily uninstalled using Add/Remove Programs in the Control Panel of Windows, or from the Add-Ons Manager in your web browser.”

Rangking Alexa

Rangking Alexa, pada dasarnya menentukan seberapa populer sebuah situs web. Meskipun nilai rangking  sebuah situs web sangat dihormati di kalangan tertentu, bukan berarti Alexa Rank bisa menjadi satu-satunya sample data lalu lintas yang representatif dari populasi internet secara global.

Situs dengan lalu lintas relatif rendah tidak akan akurat peringkatnya di Alexa dikarenakan sulit untuk memastikan angka yang benar dari situs yang kurang dari 1000 pengunjung per hari.

Ranking Alexa dibuat atas dasar frekwensi triwulan kunjungan pengguna internet dan halaman situs yang sering dilihat. Jadi nilai rangking Alexa dapat berubah tergantung pada triwulan kunjungan. Makin kecil nilai rangking Alexa dari sebuah situs, itu menunjukkan bahwa situs tersebut banyak pengunjungnya.

Memasang Alexa Toolbar ke Firefox

  1. Buka halaman Alexa Toolbar dan klik tombol Install Alexa Toolbar

ALEXA TOOLBAR

 

  1. Terbuka halaman User License Agreement. Klik Accept dan Install


ALEXA TOOLBAR 2

 

  1. Firefox akan melakukan konfirmasi, silahkan klik Izinkan

ALEXA TOOLBAR 3

  1. Tunggu proses download selesai, akan muncul jendela baru dan klik Pasang Sekarang

ALEXA TOOLBAR 4

  1. Setelah selesai penginstalan, anda akan diminta untuk melakukan restart
  2. Setelah restart akan ada laman The Alexa Toolbar for Firefox – Demographic Information, silahkan klik tombol Tidak, Terima kasih
  3. Akan terbuka halaman yang berisikan ucapan selamat : InstalasiSukses! TheAlexatoolbarsekarang terinstaldi browser Andadanakan terlihat seperti ini:
  4. Jika muncul pemberitahuan seperti di bawah, silahkan klik OK.

Memasang Alexa Toolbar ke Google Chrome

  1. Kunjungi web http://www.alexa.com/toolbar 
  2. Klik tombol “Install Alexa Extension
  3. Klik tombol “+ Add to Chrome” lalu Klik “Add
  4. Tunggu hingga proses download selesai, dan akan muncul halaman baru
  5. Klik “Accept and Enable
  6. Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data, jika tidak bersedia silahkan klik “No, Thank’s
  7. Nantinya Alexa Toolbar akan muncul pada browser saudara Google Chrome saudara di bagian kanan atas.

Sekarang Alexa toolbar sudah terinstall pada browser anda. Silahkan mengakses blog anda setiap hari untuk merampingkan alexa rank blog anda dengan cepat.

Berikut saya lampirkan beberapa web hasil perangkingan Alexa per 30 Nopember 2013 – 13:31

WEB

Ranking

Global

Ranking

Indonesia

 https://www.google.com/

1

1

 https://www.facebook.com/

2

2

http://www.youtube.com/

3

3

 http://id.yahoo.com/

4

4

 http://www.baidu.com/

5

1

 http://www.wikipedia.org/

6

6

 http://www.qq.com/

7

2

 https://twitter.com/

10

9

 http://www.blogger.com/home

46

54

 http://en.wordpress.com/

576

504

 http://id.blackberry.com/

826

111

 http://www.alexa.com/

1.474

1.575

 http://id.wordpress.com/

29.608

447

 https://djunaedird.wordpress.com/

2.773.228

139.686

 Sumber:

1.      Alexa Rank dan Alexa Toolbar,

2.      Cara merampingkan Alexa Rank Dengan Cepat

17 thoughts on “Tentang Alexa Rank dan Toolbar Alexa

  1. 45,000 (15 per cent of the original loan amount) would be guaranteed.
    So in its entirety home loans for low income seniors can be possible.
    Generally the rates are offered as low as three percent with closing
    costs included.

Leave a comment