Mencari Uang dengan Blogging: Seperti Pungguk Merindukan Bulan


cover-buku.jpgBeberapa waktu yang lalu, setelah genap 1 bulan saya menjadi seorang blogger ❓ , pada saat pencarian jati dirinya, saya mampir di IlmuKomputer.com. di sana saya membaca tulisan mas Agung Firdaus yang membahas tentang Blog Profits Blueprint, yang telah dialihbahasakan – dari Inggris ke Indonesia. Segera saja saya mendownloadnya.

Sejak saat itu, buku karya dari Mas Yaro Starak yang mempunyai blog bagus di Entrepeneurs-Journey.com, menjadi buku wajib saya. Setiap ada waktu luang saya sempatkan untuk membaca dan membacanya. Karena saya anggap ini buku amatlah bagus bagi blogger pemula – seperti saya ini.

Karena keseringan mempelototi buku ini, maka beberapa salah ketik yang ada dalam buku ini lantas kelihatan. Pada awal-awal membaca buku ini, karena berfokus pada isi, maka kesalahan-kesalahan itu saya abaikan. Namun, tangan ini (beberapa waktu yang lalu seperti gatal untuk tidak membenahinya). Setelah selesai, baru saya minta izin kepada mas Firdoz. Yang bersangkutan, ternyata tidak menolak. Tentu saja saya mengucapkan terima kasih.

Buku ini secara jelas dan gamblang (tak luput dari jasa mas Firdoz juga) menguraikan apa itu blog, blogger, blogging, bloggosphere.

Lebih dari itu, diuraikan juga soal mempopulerkan sebuah blog, bikin traffick, konten pilar, trackback, dan sebagainya.

Mas Yaro mengawali tulisan ini dengan pertanyaan: Bagaimana Cara Menghasilkan (Uang) dengan Blogging?

Dikatakan olehnya : Apa yang akan anda baca adalah hasil pengalaman saya blogging selama dua setengah tahun dan lebih dari tujuh tahun menjalankan bisnis internet. Saran-saran ini unik karena datang dari seseorang yang paham BISNIS begitu juga blog dan seorang yang telah menerapkan prinsip bisnis untuk menghasilkan uang dari blog.

Tanpa skill dan komitmen untuk membangun sebuah bisnis, kebanyakan blogger tidak pernah mencapai tujuannya di mana mereka keluar dari pekerjaan dan menjadi blogger profesional. Saya yakin ini adalah sebab kebanyakan blogger profesional gagal.

Jadi, seperti kata pepatah lama, seperti pungguk merindukan bulan kalau kita tidak tahu kiat-kiatnya.

Asal kita tekun, tak cepat putus asa, niscaya jejak Yaro starak juga bisa kita ikuti. Tinggal masalah nasib saja nantinya.

Buku ini bisa anda download di sini (terjemahan mas Firdoz) maupun di sana (setelah saya edit).

6 thoughts on “Mencari Uang dengan Blogging: Seperti Pungguk Merindukan Bulan

  1. ngeblog itu iseng² berhadiah kalo buat saya Pak, mungkin 20 tahun lagi Indonesia bisa go Online heheheh dan saat itu apa yang sudah kita pelajari hari ini bisa bermanfaat, kalo tidak keburu wafat menghadap Sang Khalik.

    Pada akhirnya kita lupakan mencari uang, kita mencari kawan, apa bisa di copy Pak? hehehe

    Ya, menurut saya minimal dengan ngeblog, kita tidak jadi goblog teknologi internet.
    Soal cari duit, harus optimis dan tidak mudah putus asa 😛
    Yang dikopi apanya? Kalau tulisannya, monggo saja. Kalau Blog Profits Blueprint versi pdf, maaf. Soalnya 4shared.com nya lagi ngambek. Belum bisa saya simpan di sana 😉
    Tunggu saja, ya……

  2. wah kalo tarif internetnya masih mahal…boro-boro bisa nutupi duit bulanan internetnya.

    Kalau orientasinya cari duit, memang tekor melulu, pada awalnya.
    Tapi, asal kita yakin, tekun, konsisten, kata Mas Yaro, insya Allah akan berhasil juga nantinya. 😛
    Saya sendiri ❓
    Masih mencoba 😀

  3. setuju… harusnya akses internet bisa murah ya, tapi kapan???? Ngeblog tuh menurut saya sih juga cuma sarana buat latihan bikin tulisan aja…

    Mestinya memang begitu. 😛
    Soal kapan, ya…… Kapan-kapan :mrgreen:
    Ngeblog memang sarana latihan yang bagus buat tulis menulis.
    Kalau sudah piawai, lantas bikin buku.

  4. tetap saja saya masih berkesimpulan bahwa memulai nge-blog sudah jelas sebuah keuntungan.
    nantinya bila dipotong proses panjang yang akan dijalani bakalan terasa bahwa urusan finansial bisa mengikuti kesuksesan blognya.

    Memang demikian adanya. Jangan harap selang satu sampai dua bulan duwit lantas “ujug-ujug” datang. 😛
    Tapi, yakinlah pasti suatu saat, dengan usaha yang serius dan tepat, ia akan hadir mengisi kocek kita :mrgreen:

  5. selamat ya pak masuk berita terbaik lintas berita pantesan aja ngehasilin duit :p

    gratss

    Saya baru tahu kalau AwanBiru memposting opini saya itu di lintas berita. 😛
    Menghasilkan duwit ❓ Sayangnya belum……
    Maksudnya belum banyak ❗

Leave a comment